Karakteristik Sosial-Demografi dan Tingkat Pendapatan Pemulung di TPA Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus


Arif Setyawan, 3250404056 (2010) Karakteristik Sosial-Demografi dan Tingkat Pendapatan Pemulung di TPA Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Karakteristik Sosial-Demografi dan Tingkat Pendapatan Pemulung di TPA Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus] Microsoft Word (Karakteristik Sosial-Demografi dan Tingkat Pendapatan Pemulung di TPA Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Semakin sempit lahan pertanian dan semakin sulit mencari lapangan pekerjaan menyebabkan tingginya angka penganguran yang akhirnya menyebabkan kemiskinan. Sulitnya mencari pekerjaan warga memanfaatkan fasilitas yang ada di lingkunganya yaitu memanfaatkan TPA sebagai lapangan pekerjaan. Pemulung berasal dari berbagai kalangan dan kepribadian sosial maupun latar belakangnya. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana karakteristik sosial-demografi. (2) bagaimana tingkat pendapatan/penghasilan pemulung di TPA Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahuai karakteristik sosial-demografi (2) mengetahui tingkat pendapatan/penghasilan pemulung di TPA Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah pemulung yang mengambil sampah TPA di Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dengan jumlah 260 responden. Mengingat besarnya populasi yang ada maka perlu diambil sampel. Sampel dalam penelitian ini mengambil 15% dari jumlah populasi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 39 responden (dibulatkan menjadi 40). Dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental random sampling. Dengan sampel berjumlah 40 responden Dalam penelitian ini diambil dua variabel yaitu (1) karakteristik sosial demografi (2) tingkat penghasilan/pendapatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kwantitatif dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pemulung di Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo berusia lebih dari 40 tahun dengan usia tertua 60 tahun dan usia termuda 22 tahun dengan 35 responden berstatus sudah menikah dan 5 responden belum menikah. Sebagian besar responden yang sudah menikah memiliki 1 sampai 2 anak. Pemulung di TPA Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus berasal dari desa Tanjungrejo sendiri. Pendidikan para pemulung ini sebagian besar merupakan lulusan Sekolah Dasar (SD). Sebagian besar pemulung yang menggantungkan hidupnya di TPA ini, memperoleh penghasilan rata-rata Rp 450.000,00 per bulan. Rata-rata Kontribusi Pendapatan Pemulung (KPP) pemulung di Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus per bulan berkisar 63,00% dari seluruh pendapatan keluarga yang mereka peroleh. Saran yang dapat peneliti berikan diantaranya pemerintah hendaknya lebih memperhatikan kesehatan pemulung dengan menjamin kesehatannya melalui alokasi dana Askeskin (asuransi kesehatan masyarakat miskin). Pemerintah dan LSM bekerjasama dalam memberikan kesadaran pada pemulung untuk melakukan pencegahan dengan menggunakan alat pelidung seperti masker, sarung tangan, sepatu both, pelindung kepala dan pola hidup sehat. Dengan pendapatan yang relatif masih rendah hendaknya pemulung di TPA Tanjungrejo mampu mengelola pendapatannya dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sosial Demografi, Pendapatan, Pemulung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:08
Last Modified: 05 Jul 2012 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13038

Actions (login required)

View Item View Item