Konsep Diri dengan Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes Tahun 2011


Ayu Wulandari, 1550406515 (2012) Konsep Diri dengan Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes Tahun 2011] Microsoft Word (Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes Tahun 2011) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Konsep diri pada narapidana dapat terbentuk melalui proses belajar dalam interaksinya dengan lingkungan di penjara. Kurang adanya kesempatan mengembangkan diri dan menyesuaikan diri seperti individu pada umumnya mengakibatkan narapidana merasa ditolak oleh lingkungannya sehingga narapidana mempertahankan diri dengan cara yang menyimpang, mempertahankan gambaran diri yang palsu, dan mengakibatkan narapidana mengembangkan konsep diri secara negatif. Karakteristik konsep diri negatif tersebut akan mengakibatkan timbulnya kecemasan dalam menghadapi masa depan pada narapidana saat bebas dari penjara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran konsep diri dan kecemasan serta hubungan antara konsep diri dan kecemasan pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan studi populasi. Populasi pada penelitian ini adalah narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes sebanyak 40 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah konsep diri dan kecemasan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologi yang terdiri dari skala konsep diri sebanyak 98 item dan skala kecemasan sebanyak 88 item. Teknik uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes masuk dalam kriteria positif. Sedangkan kecemasan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes masuk dalam kriteria sedang. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai r = - 0,750 dengan p = 0,00 (p < 0,05) yang artinya ada hubungan negatif antara konsep diri dengan kecemasan pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, kecemasan, narapidana
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 03:54
Last Modified: 05 Jul 2012 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13030

Actions (login required)

View Item View Item