Perbandingan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan dilihat dari faktor sektor lapangan usaha dan letak kecamatan kabupaten Tegal tahun 2006.”


Dwi Nuryaningsih,, 4151306004 (2009) Perbandingan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan dilihat dari faktor sektor lapangan usaha dan letak kecamatan kabupaten Tegal tahun 2006.”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan dilihat dari faktor sektor lapangan usaha dan letak kecamatan kabupaten Tegal tahun 2006.”] Microsoft Word (Perbandingan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan dilihat dari faktor sektor lapangan usaha dan letak kecamatan kabupaten Tegal tahun 2006.”) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Struktur ekonomi yang kuat dalam pembangunan perekonomian dapat diwujudkan dengan adanya keseimbangan dan keserasian yang ideal antara berbagai sektor. Pendapatan sektor lapangan usaha akan memberikan gambaran mengenai peranan masing-masing sektor dalam menciptakan nilai tambah atau kontribusi di suatu daerah. Pendistribusian PDRB menurut sektor lapangan usaha menunjukkan besarnya struktur perekonomian dan peranan masing-masing sektor menurut lapangan usaha dalam suatu wilayah. Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini antara lain: (1) Mengetahui ada dan tidaknya perbedaan nilai PDRB atas dasar harga konstan tiap-tiap kecamatan Kab.Tegal berdasarkan nilai tambah sektor lapangan usaha dan letak geografis kecamatan.(2) Mengetahui adanya interaksi antara nilai tambah sektor lapangan usaha dan letak geografis kecamatan terhadap nilai PDRB tiap-tiap kecamatan di kab.Tegal tahun 2006. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode literatur dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis Varians dua jalur dan dalam pengolahan datanya dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 15.0 Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan rata-rata nilai PDRB atas dasar harga konstan berdasarkan sektor lapangan usaha dan letak kecamatan di kabupaten tegal pada tahun 2006. Dari hipotesis interaksi antara sektor lapangan usaha dengan letak kecamatan juga terlihat Ho diterima yang artinya tidak ada interaksi yang signifikan antara sektor lapangan usaha dan letak kecamatan di Kabupaten Tegal. Berdasarkan simpulan di atas dapat disarankan, Pemerintah Kabupaten Tegal hendaknya dapat memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia serta mengembangkan potensi yang ada sehingga perekonomian daerah menjadi lebih baik, karena sektor lapangan usaha dan letak kecamatan tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai PDRB atas dasar harga konstan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:15
Last Modified: 05 Jul 2012 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item View Item