Kebijakan Optimal Persediaan Barang Menggunakan Markov Decision Process (Studi Kasus PT. Jadi Sentra Pangan)


Alfiyani Puji.Astuti,, 4150406036 (2011) Kebijakan Optimal Persediaan Barang Menggunakan Markov Decision Process (Studi Kasus PT. Jadi Sentra Pangan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kebijakan Optimal Persediaan Barang Menggunakan Markov Decision Process (Studi Kasus  PT. Jadi Sentra Pangan] Microsoft Word (Kebijakan Optimal Persediaan Barang Menggunakan Markov Decision Process (Studi Kasus PT. Jadi Sentra Pangan) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Persediaan adalah sumberdaya yang disimpan untuk memenuhi permintaan saat ini dan mendatang. Masalah persediaan merupakan salah satu masalah penting yang dihadapi oleh perusahaan. Oleh karena itu banyak perusahaan sangat peduli terhadap perencanaan dan pengendalian persediaan untuk memperoleh penghematan yang berarti. Markov Decision Process sebagai suatu operations research dapat digunakan untuk membuat keputusan dalam bisnis dan industri. Proses keputusan ini akan digunakan untuk menentukan kebijakan pemesanan pada PT Jadi Sentra Pangan. Permasalahannya adalah bagaimana penggunaan Markov Decision Process dalam menentukan jumlah pemesanan yang optimal mengenai persediaan barang, berapakah kebijakan jumlah pemesanan yang optimal mengenai persediaan barang pada PT Jadi Sentra Pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan Markov Decision Process dan menentukan kebijakan optimal mengenai jumlah pemesanan pada PT Jadi Sentra Pangan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, pengumpulan data, dan analisis data dengan Algoritma Perbaikan Kebijakan menggunakan alat bantu SPSS dan MATLAB. Hasil penelitian menunjukkan untuk memperoleh kebijakan optimal pada PT Jadi Sentra Pangan menggunakan Markov Decision Process ada 3 cara, yaitu, enumerasi sempurna, pemrograman linear, dan policy iteration. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah policy iteration dengan algoritma perbaikan kebijakan.Keuntungan dari metode policy iteration adalah algoritma perbaikan kebijakan yang digunakan sangat efisien karena bisa mencapai kebijakan optimal hanya dalam beberapa kali iterasi. Dalam menentukan kebijakan optimal diperlukan beberapa tahapan, yaitu (1) uji distribusi probabilitas dengan SPSS, (2) membuat matriks probabilitas transisi dan ekspektasi biaya, (3) memilih kebijakan percobaan , dan (4) iterasi alternatif kebijakan dengan algoritma perbaikan kebijakan. Saran peneliti bagi PT Jadi Sentra Pangan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan kebijakan pemesanan untuk produk-produk yang diteliti maupun produk lainnya. Bagi penelitian selanjutnya dengan permasalahan yang sama dapat menggunakaan dua metode Markov Decision Process yang lain. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menemukan perangkat lunak yang dapat menentukan kebijakan optimal dengan cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persediaan Barang, Kebijakan Optimal, Markov Decision Process.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 01:39
Last Modified: 05 Jul 2012 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item View Item