Pengaruh Hasil Belajar Ekstrakurikuler Biola Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa di SMP Domenico Savio Semarang


NAFIK SALAFIYAH, 2503408056 (2012) Pengaruh Hasil Belajar Ekstrakurikuler Biola Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa di SMP Domenico Savio Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Hasil Belajar Ekstrakurikuler Biola Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa di SMP Domenico Savio Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Hasil Belajar Ekstrakurikuler Biola Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa di SMP Domenico Savio Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di sekolah sering ditemukan banyak siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan inteligensinya.Taraf inteligensi ternyata bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang, karena ada faktor lain yang mempengaruhi. Kecerdasan intelektual (IQ) hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan dari Emotional Quotient (EQ). Dengan adanya hal tersebut ditariklah berbagai masalah yaitu adakah pengaruh, hubungan, dan kontribusi antara hasil belajar ekstrakurikuler biola terhadap kecerdasan emosi. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel dan dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil Penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar biola terhadap kecerdasan emosi pada siswa ekstrakurikuler biola di SMP DOMENICO SAVIO SEMARANG yaitu sebesar 76,1 % sedangkan sisanya 23,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan persamaan regresinya yaitu Y = 62,852+ 1,052X. Dari persamaan tersebut menunjukkan jika hasil belajar biola siswa meningkat sebesar 1 poin maka meningkat pula kecerdasan emosi nya dan begitu pula sebaliknya jika kecerdasan emosi siswa meningkat 1 poin maka meningkat pula hasil belajar biolanya. Pada nilai konstanta sebesar 62,852 artinya jika tidak ada hasil belajar ekstrakurikuler biola maka kecerdasan emosi nya sebesar 62,852. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan, terdapat hubungan yang berarti, dan besar kontribusi antara X dan Y sebesar 76,1%, sedangkan sisanya 23,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sudah terbukti bahwa dengan belajar bioloa sangat mempengaruhi kecerdasan emosional, dan kecerdasan emosional sangat berpengaruh diadalam peningkatan prestasi. Dengan adanya kebuktian tersebut disarankan sebagian besar siswa agar ikut serta didalam pembelajaran ekstrakurikuler biola Guna meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Biola, Kecerdasan Emosi, Siswa SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:38
Last Modified: 04 Jul 2012 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12968

Actions (login required)

View Item View Item