OPTIMALISASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN MUSIK DI TK MUTIARA BANGSA SEMARANG


Vidya Nugraha Sasmita, 2503407044 (2012) OPTIMALISASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN MUSIK DI TK MUTIARA BANGSA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of OPTIMALISASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN MUSIK DI TK MUTIARA BANGSA SEMARANG] Microsoft Word (OPTIMALISASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN MUSIK DI TK MUTIARA BANGSA SEMARANG) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Mutiara Bangsa merupakan salah satu Taman kanak – kanak yang berada diwilayah Kabupaten Semarang yang tepatnya di kawasan Klenteng Sam Poo Kong. Mutiara Bangsa merupakan taman kanak – kanak yang banyak memperoleh prestasi yang sebagian besar dibidang musik yakni Marching Band dan Pentas Seni. Prestasi tersebut menandakan bahwa tingkat kecerdasan musikal yang anak – anak dapatkan cukup maksimal, oleh karenanya peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang upaya yang di lakukan Mutiara Bangsa untuk mengoptimalkan kecerdasan musikal tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara optimalisasi kecerdasan musikal anak usia taman kanak – kanak melalui musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses optimalisasikecerdasan musikal anak usia taman kanak- kanak melalui musik di Mutiara Bangsa Semarang. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran obyektif tentang proses optimalisasi kecerdasan musikal anak usia taman kanak – kanak melalui musik di Mutiara Bangsa. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan lokasi di Taman Kanak – kanak Mutiara Bangsa jalan Simongan Raya nomor 191 Semarang dan sasaran kajianya adalah proses optimalisasi kecerdasan musikal. Sumber data yang diperoleh dari Ketua Yayasan, Kepala Sekolah dan Guru yang diambil dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi, kemudian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam optimalisasi kecerdasan musikal anak usia taman kanak – kanak melalui musik terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan: (1) Pengenalan musik, yakni sarana dan tindakan pengajar untuk berusaha meperkenalkan unsur musikal pada anak usia dini, (2) Pembelajaran anak melalui musik, mengajak anak untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran yang didalamnya disisipi unsur – unsur musik, (3) Penerapan unsur musik dalam pembelajaran, anak dituntut dan diarahkan untuk ikut memperaktekan dengan cara bermain dan belajar dalam materi Marching Band yang didalamnya banyak menggunakan unsur – unsur musikal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam proses optimalisasi kecerdasan musikal anak usia taman kanak – kanak melalui musik harus memiliki tahapan pembelajaran yang saling berkesinambungan yaitu Pengenalan musik, Pembelajaran melalui musik, Penerapan unsur musik dalam pembelajaran. Saran dari peneliti sebeiknya tahapan pembelajaran lebih dimatangkan baik dari segi teori dan penerapanya. Ruangan khusus untuk berlatih sangat dibutuhkan agar tidak mengganggu daerah sekitar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:31
Last Modified: 04 Jul 2012 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item