Kemampuan Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Mempromosikan Objek Wisata


Ayu Puspitaning Tias, 2301405015 (2011) Kemampuan Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Mempromosikan Objek Wisata. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Mempromosikan Objek Wisata] Microsoft Word (Kemampuan Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Mempromosikan Objek Wisata) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Mahasiswa bahasa Prancis mendapat banyak pokok bahasan pariwisata sejak semester awal. Tentunya hal yang diharapkan dalam mempelajari bahasa Prancis bukan hanya pemahaman saja, tetapi juga penggunaan unsur-unsur bahasa Prancis yang terkait dengan pariwisata. Sebagaimana diketahui dari lapangan pekerjaan, di mana posisi sebagai pengajar bahasa Prancis tidak selalu tersedia. Dengan demikian mahasiswa perlu juga mempersiapkan diri untuk bekerja di bidang lain, misalnya pariwisata. Mereka seharusnya bisa memanfaatkan tema-tema pariwisata dari buku ajar yang digunakan untuk diterapkan dalam hal-hal yang praktis dan berguna, antara lain untuk mempromosikan pariwisata daerah. . Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang dalam mempromosikan objek-wisata. Variabel penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang dalam mempromosikan objek wisata. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan validitas konstrak karena instrumen penelitian yang disusun berdasarkan teori-teori yang terkait dengan variabel penelitian, yakni teori tentang paragraf promosi dan teori yang berkaitan dengan deskripsi dan persuasi dalam mempromosikan objek wisata. Untuk mengetahui reliabilitas tes dalam penelitian ini digunakan tes ulang (test-retest). Dari hasil analisis diperoleh nilai rata-rata seluruh responden 72,3, hasil tersebut menunjukkaan bahwa kemampuan mahasiswa semester III dalam mempromosikan objek wisata dikategorikan ‘’baik’’. Kemampuan yang dilakukan oleh mahasiswa dianalisis per kriteria penilaian dan dipersentasekan, yakni : (1) description du site (Deskripsi lokasi objek wisata) 77.5%; (2) Description de l’itinéraire (Petunjuk jalan) 77.5% ; (3) Description de l’objet et activité (Deskripsi objek dan kegiatan) 75%. Persuasion (Persuasi) 61.8%; Grammairel et vocabulaire (Gramatikal dan kosakata ) 72.5%. Berdasarkan analisis kesalahan per kriteria tersebut, tampak bahwa kriteria deskripsi lokasi objek wisata ; dan petunjuk jalan menduduki prosentase rata-rata tertinggi 77.5% dan kriteria persuasi menempati kriteria rata-rata terendah 61.8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mempromosikan, objek wisata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:21
Last Modified: 04 Jul 2012 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item