Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES dalam Memahami Makna Verba “mettre”.


Izatul Lailiyah, 2301405014 (2012) Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES dalam Memahami Makna Verba “mettre”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES dalam Memahami Makna Verba “mettre”. ] Microsoft Word (Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES dalam Memahami Makna Verba “mettre”. ) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Verba mettre merupakan verba yang sering digunakan dan mempunyai sifat taksa. Hal ini memunculkan suatu kebingungan pada penerjemahan. Pengetahuan mengenai verba ini dianggap penting karena dapat berpotensi menjadi sumber kesulitan dalam penerjemahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES dalam memahami makna verba mettre dan mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan responden mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama dan jumlah mahasiswa semester VI. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data mengenai kemampuan mahasiswa dalam memahami makna verba mettre. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, dan untuk mengetahui reliabilitas instrumen dalam penelitian ini digunakan rumus alpha. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif persentase dan analisis kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata mahasiswa sebesar 77, 16. Berdasarkan kriteria penilaian dalam buku informasi Unnes 2003/2004, hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa tergolong “Baik”. Nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 52. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menerjemahkan verba mettre dipandang dari sudut metode penerjemahan yaitu mahasiswa menerjemahkan dengan menggunakan metode kata demi kata dan metode bebas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menerjemahkan, verba mettre
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:11
Last Modified: 04 Jul 2012 06:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12960

Actions (login required)

View Item View Item