Tanggapan siswa pada media video pembelajaran bahasa Prancis kelas XII bahasa


Nico Yan Aditya, 2301405007 (2012) Tanggapan siswa pada media video pembelajaran bahasa Prancis kelas XII bahasa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tanggapan siswa pada media video pembelajaran bahasa Prancis kelas XII bahasa ] Microsoft Word (Tanggapan siswa pada media video pembelajaran bahasa Prancis kelas XII bahasa ) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Penggunaan media saat ini berkembang pesat didunia pendidikan diantaranya adalah penggunaan media audio visual, hal ini memungkinkan memberikan kontribusi positif untuk pembelajaran, salah satu tema yang dipelajari disekolah adalah parler des vacances, namun belum ditemukan video pembelajaran pendukung dari materi tersebut. Oleh sebab itu penulis berinisiatif untuk membuat video pembelajaran tema pariwisata,untuk menguji kelayakan dari video pembelajaran tersebut maka akan muncul berbagai tanggapan dari pengguna video tersebut. Dalam penelitian ini, penulis membahas tentang tanggapan siswa kelas XII bahasa terhadap media pembelajaran bahasa Prancis pada tema parler des vacancesdi SMA N 1 Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan dari pengguna video pembelajaran tersebut, pengguna yang dimaksud adalah siswa kelas XII program bahasa. Penelitian dilakukan di kelas XII bahasa SMA N 1 Ungaran , jumlah responden terdiri dari 21 pembelajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes dan angket. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data nama siswa, metode tes digunakan untuk mentrianggulasi hasil tes siswa yang terdapat pada video pembelajaran, metode angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai video pembelajaran parler des vacances. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kritis. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan satu kali pengetesan dengan rumus alpha. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa kelas XII bahasa pada media video pembelajaran bahasa Prancis tergolong baik. Hal tersebut dapat terlihat dari nilai rata-rata dari kriteria masing-masing aspek dalam video pembelajaran tersebut adalah 80%. Dengan demikian video pembelajaran tersebut dapat dikatakan baik sebagai pendamping materi parler des vacances di kelas XII bahasa SMA N 1 Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:06
Last Modified: 04 Jul 2012 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item