Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis dan Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo


Arif Dwi Prasetyadi, 2101407045 (2012) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis dan Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis dan Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo] Microsoft Word (Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis dan Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X masih kurang memuaskan. Rendahnya kemampuan siswa tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti ketidakpahaman siswa berkaitan dengan menulis paragraf deskripsi, ketidakmauan siswa untuk berlatih menulis secara intensif karena menganggap bahwa menulis merupakan kegiatan yang membosankan dan kurang bermanfaat, dan kurangnya perhatian guru terhadap penerapan model pembelajaran yang efektif dan bervariasi sehingga membuat siswa cepat bosan dan kurang memperhatikan pelajaran. Oleh sebab itu, peneliti memberikan solusi berupa penerapan suatu model pembelajaran yang efektif yang mampu membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran dan lebih mudah dalam mengungkapkan ide-ide atau gagasannya ketika menulis paragraf deskripsi. Adapun model pembelajaran yang dipilih, yaitu model pembelajaran berpikir-berbicara-menulis dan model pembelajaran langsung. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keefektifan penerapan model pembelajaran berpikir-berbicara-menulis dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo? (2) bagaimanakah keefektifan penerapan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo? dan (3) model pembelajaran manakah yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo, model pembelajaran berpikir-berbicara-menulis atau model pembelajaran langsung? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi keefektifan penerapan model pembelajaran berpikir-berbicara-menulis dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo, mendeskripsi keefektifan penerapan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo, dan mendeskripsi model pembelajaran manakah yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo, model pembelajaran berpikir-berbicara-menulis atau model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis paragraf deskripsi, berpikir-berbicara-menulis, pembelajaran langsung
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 03:19
Last Modified: 04 Jul 2012 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item View Item