Pengaruh Minat Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IS di SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2008/2009
Wiwit. Yulianti, , 3301405005 (2009) Pengaruh Minat Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IS di SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Minat Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IS di SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2008/2009)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Pencapaian prestasi belajar akuntansi siswa dapat dipengaruhi oleh minat belajar siswa untuk mempelajari suatu mata pelajaran, keterampilan mengajar guru serta pemanfaatan sumber belajar yang tersedia secara optimal. Jika siswa memiliki minat belajar serta didukung adanya keterampilan mengajar guru kepada siswa dengan jelas dan tidak membosankan, maka siswa akan merasa senang untuk mempelajari mata pelajaran tersebut. Berawal dari perasaan senang itu, siswa akan melakukan berbagai kegiatan dan usaha untuk memperlancar kegiatan belajar mereka agar prestasi belajar mereka juga tinggi, salah satunya adalah dengan pemanfaatan sumber belajar yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh minat belajar, keterampilan mengajar guru, dan sumber belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IS di SMA N 2 Kendal tahun ajaran 2008/2009 secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 125 siswa. Pengambilan sampelnya digunakan teknik proposional random sampling. Hasil perhitungan sampel diperoleh 95 siswa. Terdapat 4 (empat) variabel yang dibagi dalam penelitian ini yaitu minat belajar, keterampilan mengajar guru, sumber belajar, dan prestasi belajar akuntansi. Data yang diambil melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskritif presentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa minat belajar, keterampilan mengajar guru, dan sumber belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA N 2 Kendal dengan persamaan regresi Y ̂= 12,819 + 0,370X1 + 0,181X2 + 0,447X3, hal ini ditunjukkan dari hasil uji parsial untuk variabel minat belajar thitung=3,609 dengan signifikansi 0,001<0,05, untuk variabel keterampilan mengajar guru diperoleh thitung=2,554 signifikansi 0,012<0,05, dan untuk variabel sumber belajar diperoleh thitung=5,520 dengan signifikansi 0,000<0,05. Adapun kontribusi parsial dari minat belajar adalah 12,53%, keterampilan mengajar guru 6,71%, dan sumber belajar 25,1%. Sedangkan kontribusi secara simultan sebesar 55,1%. Berdasarkan hasil peneliltian ini, dapat disimpulkan bahwa minat belajar, keterampilan mengajar guru, dan sumber belajar berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar akuntansi. Oleh karena itu, peneliti menyarankan bagi guru akuntansi diharapkan lebih memotivasi dan memberikan arahan kepada siswa tentang minat belajar, keterampilan mengajar guru, dan sumber belajar yang lebih baik kepada siswa sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar akuntansi, minat belajar, keterampilan mengajar guru, sumber belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 01:44 |
Last Modified: | 04 Jul 2012 01:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12910 |
Actions (login required)
View Item |