Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Karya Toha Putra Semarang


Emy Pujiati, 7350406540 (2012) Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Karya Toha Putra Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Karya Toha Putra Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Karya Toha Putra Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja antara lain adalah budaya organisasi dan lingkungan kerja, makin tinggi budaya organisasi dan lingkungan kerja maka makin tinggi pula kinerja karyawan tersebut. Namun pada kenyataanya, meski budaya organisasi dan lingkungan kerja yang ada pada PT. Karya Toha Putra Semarang sudah baik tetapi kinerja karyawan kurang optimal. Hal ini terlihat dari jumlah produksi yang belum mencapai target yang ditetapkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi pada PT. Karya Toha Putra Semarang baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Karya Toha Putra Semarang baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan pada PT. Karya Toha Putra Semarang sebanyak 180 karyawan. Sampel diperoleh sebanyak 124 orang, dengan teknik Proportional Cluster Random Sampling . Tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, adalah: budaya organisasi, lingkungan kerja dan kinerja karyawan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh hasil regresi linier berganda Y = 20,487 + 0,240 X1 + 0,493 X2. Uji hipotesis untuk variabel budaya organisasi diperoleh t hitung = 2,109 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima, variabel lingkungan kerja diperoleh t hitung = 5,356 dengan nilai signifikan 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,257 yang berarti budaya organisasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada PT. Karya Toha Putra Semarang sebesar 25,7% dan sisanya sebesar 74,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah budaya organisasi dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja karyawan. Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan dapat meningkatkan kerjasama dalam bekerja, suhu udara sehingga pekerja merasa nyaman serta keandalan karyawan agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 00:32
Last Modified: 04 Jul 2012 00:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12897

Actions (login required)

View Item View Item