Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah


Lina Wijayanti, 7250308033 (2011) Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah] Microsoft Word (Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas yang baik harus diterapkan pada perusahaan/instansi. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi penyalahgunaan dana dari penerimaan dan pengeluaran kas, karena masih ada berkurangnya fungsi dalam Pemeriksaan Intern yang bertanggungJawab melakukan Perhitungan Kas secara Periodik dan mencocokkan hasil perhitungan dengan saldo kas menurut tatanan akuntansi serta melakukan pemeriksaan mendadak terhadap saldo kas yang ada di tangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana Sistem Penerimaan Kas yang diterapkan dalam Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, (2) mengetahui bagaimana Sistem Pengeluaran Kas yang diterapkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, (3) mengetahui bagaimana Sistem Pengedalian Intern terhadap Penerimaan Kas yang diterapkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, (4) mengetahui bagaimana Sistem Pengendalian Intern terhadap Pengeluaran Kas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah. Objek penelitian ini adalah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah yang berada di Jalan Jend. Gatot Subroto (Tarubudaya) Ungaran. Objek kajian penelitian ini adalah Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah dalam pelaksanaannya secara umum baik, dari Penerimaan dan Pengeluaran Kasnya untuk fungsi/pejabat yang terkait, Dokumen yang digunakan, Catatan Akuntansi yang digunakan, Jaringan Prosedur yang membentuk sistem, Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas serta Bagan Alir sudah sesuai dengan Prosedur-prosedur yang ditentukan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah sudah baik, namun masih ada sedikit kelemahan yaitu masih banyaknya pegawai yang kompetensinya tidak sesuai dengan tanggung jawabnya. Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya perlu meningkatkan kinerja pegawainya dengan menempatkan tanggungjawab pekerjaan sesuai dengan kompetensinya dan memberikan pelatihan dan pengembangan pendidikan kepada pegawai di Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah sesuai dengan tuntutan perkembangan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pengendalian Intern, Penerimaan, Pengeluaran Kas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 07:34
Last Modified: 03 Jul 2012 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12888

Actions (login required)

View Item View Item