Analisis Pengaruh Faktor Intern dan Ekstern Nasabah terhadap Kredit Macet pada PD. BPR Puspakencana Brebes


Wily Adi Riyanto, 3353405537 (2012) Analisis Pengaruh Faktor Intern dan Ekstern Nasabah terhadap Kredit Macet pada PD. BPR Puspakencana Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Faktor Intern dan Ekstern Nasabah terhadap Kredit Macet pada PD. BPR Puspakencana Brebes] Microsoft Word (Analisis Pengaruh Faktor Intern dan Ekstern Nasabah terhadap Kredit Macet pada PD. BPR Puspakencana Brebes) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengapa terjadi kredit macet di PD. BPR Puspakencana Brebes? 2) Apa penyebab terjadinya kredit macet tersebut? 3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah kredit macet tersebut? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet di PD. BPR Puspakencana Brebes, mengetahui faktor yang paling dominan menyebabkan terjadinya kredit macet dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan PD. BPR Puspakencana Brebes untuk mengatasi masalah kredit macet. Subjek penelitian adalah pihak manajemen dan nasabah BPR Puspakencana Brebes. Penelitian kualitatif ini difokuskan pada penyebab kredit macet, faktor dominan penyebab kredit macet dan upaya yang dilakukan pihak BPR Puspakencana Brebes. Data diperoleh dengan teknik wawancara dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya kredit macet di PD. BPR Puspakencana Brebes karena pengaruh faktor bank, debitur dan kondisi lain. Penyebab terjadinya kredit macet pada PD. BPR Puspakencana Kecamatan Brebes meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal lebih dominan karena kecurangan petugas marketing. Demi mencapai target, petugas marketing melakukan manipulasi data sehingga calon nasabah yang tidak layak mendapatkan kredit, justru memperoleh kredit sehingga tidak sesuai dengan kemampuan sebenarnya dan akhirnya mengalami kemacetan kredit. Suku bunga yang diterapkan relatif tinggi yaitu 2% per bulan sehingga membebani nasabah yang kurang mampu. Dari faktor eksternal, sebagian besar nasabah memiliki spekulasi usaha yang tinggi, namun kurang memperhatikan kemampuan diri, bahkan peminjaman modal di BPR tidak digunakan untuk penambahan modal usaha, namun digunakan untuk menutup pinjaman kredit di bank lain. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah kredit macet pada PD. BPR Puspakencana Brebes antara lain: 1) rencana Penanganan Kredit Bermasalah 2) Penyelamatan Kredit Bermasalah 3) penyelesaian Kredit Bermasalah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya kredit macet pada PD. BPR Puspakencana Brebes yang lebih dominan yaitu karena kecurangan petugas marketing dan peminjaman modal usaha digunakan nasabah untuk menutup pinjaman modal bank lain. Disarankan kepada BPR Puspakencana untuk menekankan kepada petugas marketing untuk melakukan pendataan calon nasabah seakurat mungkin. Dalam hal penentuan suku bunga kredit, diharapkan pihak BPR memperhatikan rata-rata kemampuan nasabah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor intern, ekstern, kredit macet
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 02:37
Last Modified: 03 Jul 2012 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12862

Actions (login required)

View Item View Item