PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 14 SEMARANG


Yusti Diah Kurniawati , 2501906017 (2007) PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 14 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 14 SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 14 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ansambel Musik merupakan salah satu pokok bahasan mata pelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sasaran pokok yang dicapai dalam pelajaran Seni Musik terutama Ansambel Musik adalah penanaman rasa musikalitas, mengembangkan sikap dan kemampuan berkreasi, menghargai seni, dan meningkatkan kreativitas. Proses pembelajaran Ansambel Musikdi SMP Negeri 14 Semarang cukup baik dan mempunyai sarana prasarana yang mendukung pembelajaran Ansambel Musik. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembelajaran Ansambel Musik dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri 14 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri 14 Semarang.manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik Ansambel, guru Seni Budaya SMP menggunakan metode pembelajaran kelompok dalam dalam bermain musik Ansambel, mahasiswa jurusan Sendratasik sebagai masukan menggunakan metode yang tepat dan menarik dalam pembelajaran musik Ansambel pada siswa SMP. 11 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 14 Semarang. Sasaran penelitian adalah pembelajaran musik Ansambel di SMP Negeri 14 Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan cara mendeskripsikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri 14 Semarang dibagi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap persiapan: guru mempersiapkan perangkat mengajar: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, materi pelajaran, siswa mempersiapkan alat-alat musik. Tahap pelaksanaan: tujuan pembelajaran, metode yang digunakan metode ceramah, demonstrasi, latihan, kelompok, pemberian tugas. Langkah-langkah pembelajaran meliputi teknik permainan alat musik, permainan introduksi, permainan lagu, permainan coda. Tahap evaluasi: aspek penilaian pembelajaran Ansambel Musik. Faktor pendukung meliputi siswa disiplin dalam membawa alat musik, guru menggunakan metode yang tepat, lingkungan keluarga yang harmonis, dan sarana prasarana yang mendukung pembelajaran Ansambel Musik. Faktor penghambat meliputi siswa kesulitan memainkan alat musik, guru terlalu cepat menyampaikan materi, kurikulum Seni Budaya tertulis 2 jam pelajaran ( 1 jam pelajaran Seni Musik dan 1 jam pelajaran Seni Rupa), sarana prasarana belum ada ruang praktek kesenian atau laboratorium musik. Berdasarkan kesimpulan maka saran-saran peneliti sebagai berikut: Siswa meningkatkan kreativitas bermain alat musik baik individual maupun kelompok, menggunakan metode yang tepat, waktu pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) satu jam pelajaran (40 menit) digunakan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 08:09
Last Modified: 25 Apr 2015 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item View Item