Pengembangan Buku Panduan Pengelolaan Majalah Dinding Sekolah Bagi Siswa SMA


Purwati Anisa Dewi, , 2101405650 (2012) Pengembangan Buku Panduan Pengelolaan Majalah Dinding Sekolah Bagi Siswa SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Buku Panduan Pengelolaan Majalah Dinding Sekolah Bagi Siswa SMA] Microsoft Word (Pengembangan Buku Panduan Pengelolaan Majalah Dinding Sekolah Bagi Siswa SMA) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Keberadaan majalah dinding sekolah sangat dekat dengan keterampilan membaca dan menulis. Keterampilan menulis merupakan bentuk penuangan ide dari hasil membaca karena dengan semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang dapat disampaikan melalui tulisan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah buku panduan pengelolaan majalah dinding sekolah agar dapat digunakan sebagai panduan guru dan siswa dalam mengelola majalah dinding di sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap pengelolaan majalah dinding sekolah di SMA, (2) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap buku panduan pengelolaan majalah dinding sekolah di SMA, (3) dibuatnya prototipe buku panduan pengelolaan majalah dinding bagi siswa dan guru di SMA, (4) diperolehnya penilaian oleh terhadap buku panduan pengelolaan majalah dinding sekolah sesuai kebutuhan siswa dan guru di SMA, (5) dilakukannya perbaikan oleh peneliti terhadap buku panduan pengelolaan majalah dinding sekolah di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dalam tujuh tahap penelitian, yaitu (1) survey pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan desain, (6) uji coba terbatas, dan (7) deskripsi hasil penelitian. Subjek pemerolehan data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan teknik analisis data deskriptif kualitatatif, yaitu melalui pemaparan dan simpulan data. Penilaian yang didapat dari ahli dan guru, yaitu (1) sampul buku memperoleh nilai rata-rata 66,66 dengan kategori baik; (2) pendahulu buku memperoleh nilai rata-rata 80,35 dengan kategori baik; (3) halaman teks isi 79,16 dengan kategori baik; (4) halaman penyudah memperoleh nilai rata-rata 85,41 dengan kategori baik, dan (5) aspek fisik buku nilai rata-rata 86,05 dengan kategori baik. Adapun saran dari hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, guru dapat menggunakan buku panduan ini sarana untuk memotivasi siswa dalam mengelola majalah dinding. Kedua, perlu diadakan pengembangan terhadap buku panduan pengelolaan majalah dinding yang telah ada. Ketiga, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku panduan pengelolaan majalah dinding untuk siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan buku panduan, manajemen pengelolaan, majalah dinding sekolah
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2012 00:26
Last Modified: 28 Jun 2012 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

View Item View Item