Persepsi Siswa terhadap kinerja Guru pembimbing dalam melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran di kelas ix smp n 3 Ungaran, kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2010/2011


Feni Astuti, 1301406517 (2011) Persepsi Siswa terhadap kinerja Guru pembimbing dalam melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran di kelas ix smp n 3 Ungaran, kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Siswa terhadap kinerja Guru pembimbing dalam melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran di kelas ix smp n 3 Ungaran, kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Persepsi Siswa terhadap kinerja Guru pembimbing dalam melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran di kelas ix smp n 3 Ungaran, kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Persepsi merupakan pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus yang diterima oleh organism atau individu, sehingga individu akan menyadari terhadap yang diinderanya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara empiris mengenai persepsi siswa terhadap kinerja guru pembimbing dalam melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran di kelas IX SMP N 3 Ungaran. Persepsi selalu berhubungan dengan obyek. Kinerja merupakan salah satu obyek yang dapat dipersepsi. Kinerja atau prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Dengan demikian bahwa persepsi yang dimaksud adalah proses memaknai dan mengartikan segala aktivitas guru pembimbing dalam melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 3 ungaran. Teknik sampel penelitiannya adalah teknik Proporsional Random Sampling, karena pengambilan sampel secara proporsional sesuai besar kecilnya jumlah siswa dan diambil secara acak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala persepsi. Intrumen tersebut telah diuji cobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kinerja guru pembimbing dalam melaksanakan layanan penempatan penyaluran khususnya terhadap jenis penempatan dan penyaluran pada apemilihan program studi lanjut memperoleh hasil rata-rata sebesar 61% yang termasuk dalam kriteria cukup baik. Persepsi siswa terhadap kinerja guru pembimbing pada tahap perencanaan memperoleh hasil rata-rata sebesar 68% yang termasuk dalam kriteria baik. Dalam tahap pelaksanaan memperoleh rata-rata sebesar 65% yang termasuk dalam kriteria cukup baik. Kinerja guru pembimbing pada tahap evaluasi memperoleh hasil 65% yang termasuk dalam kriteria cukup baik, selanjutnya pada tahap tindak lanjut kinerja guru pembimbing pada tahap tindak lanjut memperoleh hasil 63% yang termasuk dalam kriteria cukup baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi, kinerja Guru pembimbing dalam melaksanakan layanan penempatan penyaluran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 02:15
Last Modified: 27 Jun 2012 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12762

Actions (login required)

View Item View Item