Profesionalitas Pendidik PAUD dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif di Kelompok Bermain Kelurahan Sidorejo Kecamatan Temanggung


Winda Muktisari, 1201407032 (2011) Profesionalitas Pendidik PAUD dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif di Kelompok Bermain Kelurahan Sidorejo Kecamatan Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Profesionalitas Pendidik PAUD dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif di Kelompok Bermain Kelurahan Sidorejo Kecamatan Temanggung] Microsoft Word (Profesionalitas Pendidik PAUD dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif di Kelompok Bermain Kelurahan Sidorejo Kecamatan Temanggung) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa pendidik PAUD harus profesional. Untuk mengembangkan kemandirian anak perlu didukung pendidik yang profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kelompok bermain sebagai salah satu bentuk pendidikan yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia dini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana profesionalitas pendidik dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan kemandirian kepada anak didik, (2) Bagaiamana kemampuan Perkembangan Kemandirian anak didik, (3) Bagaimana upaya yang dilakukan pendidik KB untuk mengembangkan kemandirian pada anak didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 8 pendidik, 1 pengelola, 5 orangtua anak didik dan 2 baby sitter. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profesionalitas pendidik di kelompok bermain Kelurahan Sidorejo dilihat dari kompetensi profesional, kepribadian dan sosial sudah baik sesuai menurut UU No 14 Th 2005 terbukti pendidik sudah profesional dalam mengelola pembelajaran. Kemandirian anak di kelompok bermain Kelurahan Sidorejo sudah baik. Anak sudah mau makan sendiri, melepas baju sendiri dan juga ke toilet sendiri tanpa bantuan pendidik. Upaya yang dilakukan pendidik untuk mengembangkan kemandirian anak dengan cara melakukan pendekatan seperti belajar sambil bermain, mendesain lingkungan yang kondusif dan juga melakukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Bentuk pembelajaran yang dilakukan pendidik yaitu dengan kegiatan pembiasaan perilaku dan juga kegiatan kemampuan dasar anak. Pembiasaan perilaku dilakukan dengan membiasakan anak untuk cuci tangan sebelum makan, toilet training dan juga makan bersama. Kegiatan kemampuan dasar meliputi kegiatan imtaq dan sentra. Simpulan dalam penelitian ini adalah pendidik kurang profesional dilihat dari kompetensi akademik. Dilihat dari kompetensi pedagogik pendidik sudah mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik.Saran dalam penelitian ini adalah pendidik lebih meningkatkan kompetensi akademik. Pendidik hendaknya lebih menindaklanjuti proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah dengan memberikan himbauan kepada orangtua agar orangtua dapat membiasakan anaknya di rumah. Hendaknya ruang belajar diusahakan untuk kondusif agar anak merasa nyaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas Pendidik, Kemandirian.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 01:16
Last Modified: 27 Jun 2012 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item