Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning pada Siswa Kelas IV SD N Mantingan Jaken Pati.


Komariyah Siti, 1402908218 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning pada Siswa Kelas IV SD N Mantingan Jaken Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning pada Siswa Kelas IV SD N Mantingan Jaken Pati.] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning pada Siswa Kelas IV SD N Mantingan Jaken Pati.) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

IPS sebagai salah satu mata pelajaran diSD memilki fungsi yang strategis dalam upaya pembetukan sikap dan perilaku siswa. Terkait belum optimalnya hasil belajar IPS maka dalam pembelajaran IPS perlu diarahkan pada aktivitas-aktivitas yang mendorong siswa untuk belajar secara aktif baik mental, fisik, maupun sosial. Observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS dikelas IV SDN Mantingan Jaken Pati terdapat malasah dalam pembelajaran IPS guru masih menggunakan model konvensional, banyak guru menganggap model ceramah merupakan satu-satunya alternative dalam pembelajaran IPS sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Mantingan Jaken , Pati.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru , aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mantingan Jaken Pati melalui pendekatan CTL. . Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 3 siklus dengan langkah-langkah setiap siklusnya meliputi rencana,tindakan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I persentase keterampilan guru 65%. aktivitas siswa mencapai 62% dan hasil rata-rata belajar siswa 69,7 dengan ketuntasan belajar63%. Siklus II prosentase keterampilan guru 84%, aktivitas siswa mencapai 69% dan hasil rata-rata siswa 74,7 dengan ketuntasan belajar 74%. Siklus III prosentase keterampilan guru 90%, prosentase aktivitas siswa 82% dan hasil rata-rata belajar siswa 84,4 dengan ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPS dikelas IV SDN Mantingan Jaken Pati dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini baik untuk kepala sekolah, guru dan siswa adalah perlunya mengoptimalkan penggunaan pendekatan Contektual Teaching Learning dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 21:55
Last Modified: 04 Jun 2012 21:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

View Item View Item