Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif tipe Group Investigation pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sendangkulon Kangkung Kendal


Moga Prastyowati, 1402908069 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif tipe Group Investigation pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sendangkulon Kangkung Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif tipe Group Investigation pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sendangkulon Kangkung Kendal] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif tipe Group Investigation pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sendangkulon Kangkung Kendal) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas IV SDN 2 Sendangkulon diketahui bahwa dalam pembelajaran IPA guru masih menggunakan sistem mengajar konvensional yang bersifat guru sentries dan belum melaksanakan pembelajaran inovatif. Selama KBM, siswa belajar secara individual dan mendengarkan guru menyampaikan materi. Proses pembelajaran terasa sangat monoton dan kurang interaktif sehingga menyebabkan siswa pasif mengikuti pembelajaran dan berimbas pada rendahnya hasil belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menentukan rancangan pemecahan masalah dengan menerapkan model kooperatif tipe group investigation. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah melalui model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA?; 2) Apakah melalui model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA?; 3) Apakah melalui model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA? Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajarn IPA dengan menerapkan model kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas IV SDN 2 Sendangkulon. Tujuan Khusus dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) Aktivitas siswa 2) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan 3) Hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN Sendangkulon Kangkung Kendal pada siswa kelas IV dengan jumlah 17 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, tes, observasi dan cacatan lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I rata-rata perolehan skor aktivitas siswa adalah 16,88 dengan kategori baik, pada siklus II rata-rata perolehan skor aktivitas siswa meningkat menjadi 21,15 dengan kategori sangat baik, 2) Keterampilan guru pada siklus I diperoleh total skor 36,00 dengan katego-ri sangat baik, dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 39,50 dengan kategori sangat baik, 3) Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 59% (10 dari 17 siswa yang tuntas mencapai KKM ≥ 60) dengan rerata kelas adalah 65,00 dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88% (15 dari 17 siswa) dengan rerata kelas adalah 77,35. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Sendangkulon. Serta hasil penelitian ini dapat dijadikan suatu rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, Model Kooperatif tipe Group Investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 21:50
Last Modified: 04 Jun 2012 21:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12709

Actions (login required)

View Item View Item