Peningkatan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Jawa Melalui Media Permainan Scrabble Pada Siswa Kelas V SD Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang


Dian Ristanto, 1402407010 (2012) Peningkatan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Jawa Melalui Media Permainan Scrabble Pada Siswa Kelas V SD Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Jawa Melalui Media Permainan Scrabble Pada Siswa Kelas V SD Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Jawa Melalui Media Permainan Scrabble Pada Siswa Kelas V SD Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pelajaran bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal wajib di wilayah provinsi Jawa Tengah. Salah satu tujuan pembelajaran mata pelajaran bahasa Jawa dalam kurikulum muatan lokal adalah meningkatkan kemampuan menggunakan bahasa Jawa untuk meningkatkan kemampuan intelektual. Berdasarkan data awal yang diperoleh melalui observasi di kelas VA SD Tambakaji 04 Ngaliyan Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa yaitu kurangnya perbendaharaan kosakata bahasa Jawa siswa. Sebagai contoh nyata rendahnya perbendaharaan kosakata bahasa Jawa yaitu tampak ketika pelajaran bahasa Jawa, sebagian besar anak kelas VA di SD Tambakaji 04 berkomunikasi, menjawab pertanyaan dari guru, baik itu secara lisan ataupun tertulis dengan menggunakan bahasa campuran Indonesia-Jawa. Penguasaan kosakata bahasa Jawa siswa masih rendah dan minat siswa dalam pembelajaran juga masih kurang. Pembelajaran kurang membangkitkan motivasi dan gairah siswa terhadap pelajaran, akibatnya hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui media permainan scrabble dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Jawa siswa? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan pembelajaran dan terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Tambakaji 04 kecamatan Ngaliyan. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi: aktivitas guru meningkat dari skor 29 dengan kategori baik (siklus I) menjadi 32 dengan kriteria baik (siklus II); rata-rata skor aktivitas siswa meningkat dari 3,1 dengan kategori baik (siklus I) menjadi 3,28 dengan kategori baik (siklus II); hasil belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 88,86 dengan ketuntusan belajar 63,82% (siklus I) menjadi 98,26 dengan ketuntasan belajar sebesar 84,44% Simpulan dari penelitian ini adalah melalui media permainan scrabble dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Jawa. Penggunaan media permainan scrabble dapat membuat siswa terlibat aktif dan membangkitkan kembali semangat siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Sifat kompetitif yang ada dalam permainan dapat mendorong siswa untuk berlomba-lomba maju. Saran bagi guru adalah guru dapat menggunakan teknik permainan scrabble untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penguasaan perbendaharaan kosakata, media permainan scrabble
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 14:16
Last Modified: 04 Jun 2012 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12700

Actions (login required)

View Item View Item