Peningkatan Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas IV SD Negeri Kepoh Kec. Wedarijaksa Pati


Farihatin Ni’mah, 1401909087 (2011) Peningkatan Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas IV SD Negeri Kepoh Kec. Wedarijaksa Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas IV SD Negeri Kepoh Kec. Wedarijaksa Pati] Microsoft Word (Peningkatan Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas IV SD Negeri Kepoh Kec. Wedarijaksa Pati) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Kepoh Wedarijaksa Pati, ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan dan kurang aktif selama pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Guru masih menggunakan strategi belajar yang kurang bervariasi saat pembelajaran bahasa Jawa, sehingga keterampilan guru kurang terasah dan berakibat pada proses pembelajaran yang kurang menarik. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan keterampilan guru dan interaksi pembelajaran. Salah satunya dengan melalui pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah melalui pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru 2) apakah melalui pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan interaksi pembelajaran 3) apakah melalui pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru, (2) meningkatkan interaksi pembelajaran, (3) meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa melalui pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw yang dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kepoh Kecamatan Wedarijaksa Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Jawa diperoleh skor rata-rata 23 dengan kategori baik. Interaksi pembelajaran pada pembelajaran bahasa Jawa mendapatkan skor rata-rata 47 dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal 17 dari 32 siswa yang tuntas dengan KKM 65. Setelah dilakukan tindakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata 78,43 dengan kategori baik, dan pencapaian ketuntasan sebesar 65,7%. Tetapi pada siklus I guru dalam membimbing kelompok masih kurang, siswa kurang dapat dikondisikan dan hasil belajar belum memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II. Pada siklus II, keterampilan guru meningkat menjadi skor rata-rata 47 dengan kategori sangat baik. Interaksi pembelajaran meningkat menjadi 67 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 90,62 dengan kategori sangat baik dan pencapaian ketuntasan sebesar 84,6%. Pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan sehingga tidak dilakukan tindakan siklus berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru, interaksi pembelajaran dan hasil belajar bahasa Jawa. Saran bagi guru adalah pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa, Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 14:12
Last Modified: 04 Jun 2012 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12699

Actions (login required)

View Item View Item