Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif tipe NHT dengan Media Crossword Puzzle pada Siswa Kelas V SD


Rani Dwi Safitri, 1401909078 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif tipe NHT dengan Media Crossword Puzzle pada Siswa Kelas V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif tipe NHT dengan Media Crossword Puzzle pada Siswa Kelas V SD] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif tipe NHT dengan Media Crossword Puzzle pada Siswa Kelas V SD) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kualitas pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Mangkangkulon 01 Semarang. Hal ini berdasarkan hasil nilai belajar siswa pada prasiklus yang menunjukkan 63,64% (12 dari 33 siswa) belum tuntas dalam belajar. Penyebab permasalahan tersebut, karena guru dalam pembelajaran monoton dan kurang kreatif serta penggunaan media dan sumber belajar masih kurang. Sehingga siswa kurang aktif dan cepat bosan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media Crossword Puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT dengan media Crossword Puzzle, dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang dalam proses pembelajaran IPA?; 2) Apakah dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT dengan media Crossword Puzzle, dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola proses pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang?; 3) Apakah dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT dengan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Semarang pada materi organ pernafasan?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Mangkangkulon 01 Semarang, yang meliputi: (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA; (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA; dan (3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi tentang organ pernafasan manusia dan hewan. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mangkangkulon 01 Semarang, meliputi seluruh siswa kelas V tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 33 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumen dianalisis dengan cara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru, untuk siklus I diperoleh skor 29 menjadi skor 35 pada siklus II. Demikian halnya dengan aktivitas siswa, untuk siklus I diperoleh persentase 73,51% menjadi 88,01%. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, untuk siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 65,61 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 54,54%, sedangkan untuk siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 79,24 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif tipe NHT dengan media Crossword Puzzle, merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Disarankan bagi pihak-pihak yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran, agar menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT dengan media Crossword Puzzle, baik pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pendekatan Kooperatif tipe NHT, Media Crossword Puzzle
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 14:03
Last Modified: 04 Jun 2012 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item View Item