Analisis faktor yang berhubungan dengan kadar yodium dalam urin (Urinary Excretion of Iodine /UEI) (studi kasus di SDN Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun 2011)


Peni Kurnia., 6450407066 (2012) Analisis faktor yang berhubungan dengan kadar yodium dalam urin (Urinary Excretion of Iodine /UEI) (studi kasus di SDN Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun 2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis faktor yang berhubungan dengan kadar yodium dalam urin (Urinary Excretion of Iodine /UEI) (studi kasus di SDN Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun 2011)]
Preview
PDF (Analisis faktor yang berhubungan dengan kadar yodium dalam urin (Urinary Excretion of Iodine /UEI) (studi kasus di SDN Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun 2011)) - Published Version
Download (58kB) | Preview

Abstract

GAKY (Gangguan akibat kekurangan yodium) di Indonesia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang serius mengingat dampaknya sangat besar terhadap kelangsungan hidup dan kualitas sumber daya manusia. Salah satu cara untuk mengetahui besaran asupan yodium adalah dengan melakukan pemeriksaan kadar yodium dalam urin (UEI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar yodium dalam urin (Urinary Excretion of Iodine /UEI) dengan pengetahuan ibu, pendapatan keluarga, kandungan yodium pada garam, praktik penyimpanan garam, praktik penambahan garam, pola konsumsi bahan pangan goitrogenik dan pola konsumsi bahan pangan sumber yodium. Penelitian ini merupakan jenis Explanatory Reseach menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun 2011 yang berjumlah 186 siswa.Sampel berjumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, lembar observasi dan iodine test. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara praktik penambahan garam dengan kadar yodium dalam urin (Urinary Excretion of Iodine /UEI). Ada hubungan antara pengetahuan ibu (p =0,040), pendapatan keluarga (p =0,034), kandungan yodium pada garam (p =0,040), praktik penyimpanan garam (p =0,042), pola konsumsi bahan pangan goitrogenik (p =0,000) dan pola konsumsi bahan makanan sumber yodium (p =0,000) dengan kadar yodium dalam urin (Urinary Excretion of Iodine /UEI). Saran yang diberikan kepada ibu rumah tangga adalah lebih meningkatkan pengetahuan tentang garam beryodium dan menggunakan garam sesuai persyaratan (30ppm). Saran yang diberikan bagi peneliti lain yaitu untuk meneliti tingkat kecukupan asupan yodium dengan teknik lain yang lebih akurat. Saran yang diberikan kepada instansi terkait (dinas kesehatan dan puskesmas) untuk terus memberikan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya garam beryodium.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: GAKY, Kadar Yodium Dalam Urin
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jun 2012 03:38
Last Modified: 04 Jun 2012 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item View Item