Analisis Faktor Sanitasi Lingkungan Yang Berhubungan dengan Kandungan Coliform Air Sumur di Sentra Industri Tahu Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro.


Ayu Lidya Widyasmara., 6450407047 (2012) Analisis Faktor Sanitasi Lingkungan Yang Berhubungan dengan Kandungan Coliform Air Sumur di Sentra Industri Tahu Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor Sanitasi Lingkungan Yang Berhubungan dengan Kandungan Coliform Air Sumur di Sentra Industri Tahu Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro.]
Preview
PDF (Analisis Faktor Sanitasi Lingkungan Yang Berhubungan dengan Kandungan Coliform Air Sumur di Sentra Industri Tahu Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro.) - Published Version
Download (121kB) | Preview

Abstract

Bakteri coliform merupakan bakteri indikator yang menunjukkan adanya bakteri lain dalam air yang tercemar. Kandungan coliform yang melebihi batas syarat dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor sanitasi lingkungan yang mempengaruhi kandungan coliform pada air sumur di sentra industri tahu Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan menggunakan metode survey cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah sumur masyarakat Desa Kuncen yang berjumlah 825 sumur. Sampel yang diambil merupakan sumur yang berada di sekitar industri tahu, yaitu sebanyak 42 sumur. Instrumen yang digunakan adalah meteran dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square dengan α=0,05. Berdasarkan uji chi square yang telah dilakukan, terdapat hubungan antara jarak jamban (p = 0,024) dan jarak kandang (p= 0,001) dengan kandungan coliform air sumur. Tidak terdapat hubungan antara jarak SPAL (p= 0,96), jarak tempat sampah (p=0,52) dan jenis SPAL (p=0,23) dengan kandungan coliform air sumur. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran bahwa masyarakat diharapkan untuk menjaga sanitasi lingkungan dengan menjaga kebersihan kandang dan jamban serta pengaturan letak kandang dan jamban. Petugas kesehatan diharapkan untuk melakukan inspeksi sanitasi lingkungan secara rutin serta penyuluhan kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan pencemaran air oleh bakteri coliform.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi Lingkungan, coliform, air sumur
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jun 2012 03:13
Last Modified: 04 Jun 2012 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12665

Actions (login required)

View Item View Item