Hubungan Paparan Debu dengan Kapasitas Vital Paru pada Pekerja Bagian Produksi Kawasan Industri Peleburan Logam Pesarean Tegal.


David Laksamana Caesar., 6450407009 (2012) Hubungan Paparan Debu dengan Kapasitas Vital Paru pada Pekerja Bagian Produksi Kawasan Industri Peleburan Logam Pesarean Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Paparan Debu dengan Kapasitas Vital Paru pada Pekerja Bagian Produksi Kawasan Industri Peleburan Logam Pesarean Tegal.]
Preview
PDF (Hubungan Paparan Debu dengan Kapasitas Vital Paru pada Pekerja Bagian Produksi Kawasan Industri Peleburan Logam Pesarean Tegal.) - Published Version
Download (12kB) | Preview

Abstract

Industri peleburan logam merupakan salah satu industri yang dapat menurunkan kualitas lingkungan sekitar akibat pencemaran udara. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di desa Pesarean diketahui bahwa 341 kepala keluarga dari 2848 kepala keluarga menggantungkan hidupnya pada industri peleburan logam, kemudian dari observasi yang telah dilakukan pada 18 responden diketahui 83,33% pekerja mempunyai riwayat penyakit pernafasan, serta 100% pekerja tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) selama bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan paparan debu dengan kapasitas vital paru pada pekerja bagian produksi kawasan industri peleburan logam Pesarean. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, dan dengan menggunakan teknik Total Sampling semua populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan, tidak ada hubungan yang signifikan antara paparan debu dengan kapasitas vital paru pada pekerja bagian produksi kawasan industri peleburan logam Pesarean Tegal, dengan nilai p value (0,235) > alpha (0,05). Hal ini dapat diakibatkan karena keterbatasan jumlah responden, keadaan lingkungan yang berubah-ubah pada saat penelitian, dan penggunaan desain penelitian Cross Sectional. Variabel-variabel lain yang menjadi variabel moderator dalam penelitian ini seperti umur, masa kerja, riwayat penyakit, kebiasaan merokok, pemakaian masker, dan status gizi juga tidak menunjukan adanya hubungan yang signifikan dengan kapasitas viral paru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, rekomendasi bagi pihak pengusaha adalah senantiasa menerapkan pola Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan baik selama berlangsungnya proses produksi, sedangkan bagi peneliti selanjutnya mencoba untuk memodifikasi penelitian dengan mengubah jenis atau variabel penelitiannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Industri Peleburan Logam, Kapasitas Vital Paru, Paparan Debu.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jun 2012 00:28
Last Modified: 04 Jun 2012 00:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item