Pengaruh Latihan Sit-Up Statis Dan Dinamis Terhadap Hasil Lemparan Ke Dalam Pada Sepakbola Klub Ababil FC Temanggung Tahun 2011.


Muhammad Evik Nugroho, 6301407099 (2012) Pengaruh Latihan Sit-Up Statis Dan Dinamis Terhadap Hasil Lemparan Ke Dalam Pada Sepakbola Klub Ababil FC Temanggung Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Latihan Sit-Up Statis Dan Dinamis Terhadap Hasil Lemparan Ke Dalam Pada Sepakbola Klub Ababil FC Temanggung Tahun 2011.]
Preview
PDF (Pengaruh Latihan Sit-Up Statis Dan Dinamis Terhadap Hasil Lemparan Ke Dalam Pada Sepakbola Klub Ababil FC Temanggung Tahun 2011.) - Published Version
Download (16kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah : 1) apakah ada pengaruh latihan sit-up statis terhadap hasil lemparan ke dalam pada sepakbola? 2) apakah ada pengaruh latihan sit-up dinamis terhadap hasil lemparan ke dalam pada sepakbola 3) manakah yang memberikan hasil lebih baik antara latihan sit-up statis dan dinamis terhadap hasil lemparan ke dalam pada sepakbola? Tujuan penelitian untuk ; 1) mengetahui pengaruh latihan sit-up statis terhadap hasil lemparan ke dalam pada sepakbola 2) mengetahui pengaruh latihan sit-up dinamis terhadap hasil lemparan ke dalam pada sepakbola, dan 3) mengetahui latihan lebih baik antara latihan situp statis dan dinamis terhadap hasil lemparan ke dalam pada. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen. Populasi penelitian semua pemain klub Ababil FC Temanggung berjumlah 25 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 20 orang. Variabel penelitian ini yaitu latihan sit-up statis dan sit-up dinamis sebagai variabel bebas serta hasil lemparan ke dalam sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan tes menggunakan instrumen tes lemparan ke dalam. Analisis data menggunakan uji beda (t-test) dengan rumus pendek pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diketahui ; 1) kelompok eksperimen 1, thitung = 4,37 > ttabel = 2,26, berarti ada pengaruh latihan sit-up statis terhadap hasil lemparan ke dalam pada sepakbola. 2) kelompok eksperimen 2, tHitung =13,04 > tTabel = 2,26, berarti ada pengaruh latihan sit-up dinamis terhadap hasil lemparan ke dalam. 3) hasil uji beda kelompok eksperimen 1 dan 2 diperoleh thitung 2,58 > ttabel 2,10, berarti latihan sit-up statis dan dinamis berpengaruh terhadap hasil lemparan ke dalam di mana latihan sit-up dinamis memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan latihan sit-up statis. Simpulan penelitian adalah latihan sit-up statis dan dinamis berpengaruh terhadap hasil lemparan ke dalam, dan latihan sit-up dinamis memberikan pengaruh lebih baik. Disarankan kepada pihak klub dalam melatih kondisi fisik untuk menunjang lemparan ke dalam sebaiknya menggunakan latihan sit-up dinamis, dan dapat pula memberikan materi latihan kondisi fisik untuk menunjang lemparan ke dalam dengan sit-up statis sebagai bentuk variasi latihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Latihan Sit-Up Statis Dan Dinamis Terhadap Hasil Lemparan Ke Dalam Pada Sepakbola
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jun 2012 02:56
Last Modified: 01 Jun 2012 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item