Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Melalui Bermain Sepakbola Gawang Simpai Bagi Siswa Kelas IV dan V di SD Bulustalan Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/ 2011


Hendra Dwi Wicaksono, 6101407193 (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Melalui Bermain Sepakbola Gawang Simpai Bagi Siswa Kelas IV dan V di SD Bulustalan Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Melalui Bermain Sepakbola Gawang Simpai Bagi Siswa Kelas IV dan V di SD Bulustalan Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/ 2011]
Preview
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Melalui Bermain Sepakbola Gawang Simpai Bagi Siswa Kelas IV dan V di SD Bulustalan Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/ 2011) - Published Version
Download (88kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk modifikasi permainan sepakbola yang sesuai dengan karakteristik siswa SD Negeri Bulustalan di Kota Semarang? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran sepakbola melalui bermain sepakbola gawang simpai bagi siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan sepakbola gawang simpai), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (18 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba skala besar (114 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba skala besar, (7) hasil akhir model pembelajaran sepakbola melalui bermain sepakbola gawang simpai bagi siswa SD N Bulustalan yang dihasilkan melalui revisi uji coba skala besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba skala kecil (18 siswa putra SD N Bulustalan), dan uji coba skala besar (114 siswa SD N Bulustalan). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba skala kecil diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 84 % (baik), ahli pembelajaran I 89,33 % (baik), ahli pembelajaran II 80 % (baik), uji coba skala kecil 85,88 % (baik), dan uji skala besar 86,01 % (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui bermain sepakbola gawang simpai ini dapat digunakan bagi siswa SD N Bulustalan Kota Semarang. Harapannya bagi guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran sepakbola melalui bermain sepakbola gawang simpai ini pada siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Melalui Bermain Sepakbola
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 May 2012 01:24
Last Modified: 31 May 2012 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item View Item