Pengembangan Model Pembelajaran Pencak Silat Dengam Menggunakan Lingkaran Bertanda Pada Siswa Kelas V SDN Kandri 01 Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang Tahun 2011


Arif Setyawan,, 6101407130 (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Pencak Silat Dengam Menggunakan Lingkaran Bertanda Pada Siswa Kelas V SDN Kandri 01 Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Pencak Silat Dengam Menggunakan Lingkaran Bertanda Pada Siswa Kelas V SDN Kandri 01 Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang Tahun 2011]
Preview
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran Pencak Silat Dengam Menggunakan Lingkaran Bertanda Pada Siswa Kelas V SDN Kandri 01 Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang Tahun 2011) - Published Version
Download (56kB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani adalah bentuk pendidikan gerak untuk kualitas manusia. Penyelenggaraan pendidikan jasmani di sekolah belum dikelola sebagaimana mestinya, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, baik dari segi kognitif, psikomotorik, afektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengembangan model pembelajaran pencak silat dengan menggunakan lingkaran bertanda di SDN Kandri 01 Gunung Pati Kota Semarang Tahun 2011. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode pengembangan berbasis penelitian (search-based development). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kandri 01 Gunung Pati Kota Semarang yang berjumlah 33 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase. Sedangkan data yang berupa saran dan tanggapan dari responden dianalisa dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Dari hasil evaluasi ahli (ahli penjas dan dua ahli pembelajaran )diperoleh hasil yaitu dari ahli penjas diperoleh hasil 77% dengan kriteria baik, dari ahli pembelajaran pertama diperoleh hasil 84% dengan kriteria baik, dan dari ahli pembelajaran kedua diperoleh hasil 85% dengan kriteriat baik. Sedangkan dari hasil uji coba skala kecil diperoleh hasil 82,33% dengan kriteria sangat baik, serta dari hasil uji coba lapangan diperoleh hasil 81,21% dengan kriteria baik. Maka pengembangan model pembelajaran pencak silat dengan menggunakan lingkaran bertanda telah memenuhi kriteria “baik”, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjas siswa kelas V SDN Kandri 01 Gunung Pati Kota Semarang. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran pencak silat dengan menggunakan lingkaran bertanda dapat digunakan dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas V SDN Kandri 01 Gunung Pati Kota Semarang. Saran yang dapat diberikan kepada ahli pendidikan yaitu dalam pembelajaran penjasorkes khususnya olahraga pencak silat agar dapat digunakan dan siswa tidak akan merasa jenuh saat proses pembelajaran dilakukan. Sehingga mampu meningkatkan aktifitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran penjas dan tercapainya tujuan pencak silat, yaitu membentuk kader bangsa yang berjiwa patriotik, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan selalu menjaga kabaikan dengan sesame manusia yang sesuai dengan falsafah pencak silat, serta membentuk manusia yang berbudi luhur, tahu benar-salah, dan setia pada hatinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan model pembelajaran, pencak silat, dan lingkaran bertanda
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 May 2012 07:33
Last Modified: 30 May 2012 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12575

Actions (login required)

View Item View Item