Pembelajaran Senam Ritmik Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Ayunan Tangan dan Langkah Kaki Dalam Penjasorkes Siswa Kelas V di SDN 12 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012.


Hilmy Aliriad, 6101407108 (2012) Pembelajaran Senam Ritmik Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Ayunan Tangan dan Langkah Kaki Dalam Penjasorkes Siswa Kelas V di SDN 12 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Senam Ritmik Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Ayunan Tangan dan Langkah Kaki Dalam Penjasorkes Siswa Kelas V di SDN 12 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (Pembelajaran Senam Ritmik Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Ayunan Tangan dan Langkah Kaki Dalam Penjasorkes Siswa Kelas V di SDN 12 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (51kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah penerapan pembelajaran senam ritmik untuk meningkatkan keterampilan gerak ayunan tangan dan langkah kaki dalam penjasorkes siswa sekolah dasar. Permasalahan skripsi ini Bagaimanakah Bentuk Pembelajaran Senam Ritmik Untuk Meningkatkan keterampilan gerak ayunan tangan dan langkah kaki dalam Penjasorkes Siswa Kelas V SDN 12 Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keterampilan gerak ayunan tangan dan langkah kaki dalam pembelajaran senam ritmik meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotorik. 2)Untuk mengetahui tingkat antusias siswa terhadap proses pembelajaran senam ritmik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah kelas VB yang berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 31 siswa putra dan 25 siswa putri. Teknik analisa data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Angket respon tingkat kepuasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran senam ritmik dengan model pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 12 Purwodadi tahun pelajaran 2011/2012, aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran pada siklus kedua aspek kognitif 84%, afektif 80%, Psikomotorik 88%, Sedangkan tingkat antusiasme dan respon siswa selama mengikuti pembelajaran senam ritmik dengan model pembelajaran pada siklus kedua sangat positif. Dari hasil tersebut penulis menyimpulkan, bahwa : 1) Pembelajaran senam ritmik untuk meningkatkan keterampilan gerak ayunan tangan dan langkah kaki dengan menggunakan bola dan simpai lebih efektif dalam proses pembelajaran penjasorkes. 2)Respon siswa selama mengikuti pembelajaran penjasorkes melalui senam ritmik dengan bola dan simpai, tingkat antusiasme siswa dalam pembelajaran senam ritmik termasuk sangat tinggi dan siswa juga merasa senang, sehingga secara tidak langsung berdampak pada meningkatnya aktifitas siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penulis juga mengajukan saran 1) Untuk Guru lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran senam ritmik dengan menggunakan media yang lain. 2)Tunjukanlah motivasi belajar agar dapar meningkatkan proses pembelajaran, karena belajar itu menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Senam Ritmik
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 May 2012 07:06
Last Modified: 30 May 2012 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item