Peningkatan Efektivitas Belajar Rounders Melalui Modifikasi Alat Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V SD Negeri Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2011 / 2012


Syawaludin Latif, 6101407078 (2012) Peningkatan Efektivitas Belajar Rounders Melalui Modifikasi Alat Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V SD Negeri Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2011 / 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Efektivitas Belajar Rounders Melalui Modifikasi Alat Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V SD Negeri Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2011 / 2012]
Preview
PDF (Peningkatan Efektivitas Belajar Rounders Melalui Modifikasi Alat Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V SD Negeri Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2011 / 2012) - Published Version
Download (10kB) | Preview

Abstract

Tidak adanya inovasi dan kreativitas guru akan mengakibatkan siswa merasa bosan, kurang antusias, dan tidak dapat menumbuhkan kegembiraan dan kesenangan pada siswa. Maka seorang guru daharapkan bisa memodifikasi dari pembelajaran yang ada sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya. “ Bagaimana peningkatan efektivitas belajar rounders melalui modifikasi alat pada siswa kelas V SD Negeri Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2011 / 2012?” Adapun Tujuan penelitian tindakan kelas adalah meningkatkan ketrampilan bermain rounders pada siswa Kelas V SD Negeri Langensari 02 dengan penerapan modifikasi alat. Secara khusus tujuan penelitian ini diharapkan siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan mendapat nilai minimal 70 dari sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa mampu mencapai standar ketuntasan minimal tersebut dalam praktik permainan rounders. Standar ini mengacu berdasarkan ketetapan KTSP. Metode penelitian diharapkan dapat tepat sasaran dan dapat bermanfaat, serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penggunaan metode penelitian ini yaitu dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V tahun Pelajaran 2011/2012 SD Negeri Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang yang berjumlah 40 siswa. Prosedur penelitian dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus menggunakan 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menyatakan siswa yang tuntas pada pra siklus ada 10 siswa, pada siklus I mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 28 siswa, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 40. Sedangkan siswa yang belum tuntas pada pra siklus ada 30 siswa, pada siklus I mengalami penurunan menjadi 12 siswa, dan pada siklus II tidak ada siswa yang belum tuntas. Simpulan Siswa SD Negeri Langensari 02 dapat memukul bola dengan lebih baik dalam permainan rounders dengan penerapan modifikasi bola dan pemukul, Siswa SD Negeri Langensari 02 menjadi lebih senang dalam bermain rounders karena tidak takut pada bola serta dapat memukul bola dengan lebih baik dengan adanya modifikasi alat, Siswa SD Negeri Langensari 02 lebih dapat menikmati permainan rounders dan lebih semangat sehingga meningkatkan ketrampilan siswa dalam bermain rounders. Saran Guru hendaknya mengadakan latihan-latihan yang cukup dan dapat mengembangkan permainan sesuai dengan materi yang diajarkan. Guru hendaknya menggunakan modifikasi alat sesuai dengan pembelajaran penjasorkes. Siswa senantiasa rajin mengikuti proses pembelajaran di sekolah dan jangan takut mencoba permainan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar Rounders
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 May 2012 06:45
Last Modified: 30 May 2012 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item