Peranan Pondok Pesantren Al Asror Terhadap kehidupan Masyasrakat Desa Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 1980-2005
Bejo Suratno, 3101401024 (2006) Peranan Pondok Pesantren Al Asror Terhadap kehidupan Masyasrakat Desa Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 1980-2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peranan Pondok Pesantren Al Asror Terhadap kehidupan Masyasrakat Desa Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 1980-2005)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pemilihan judul pada skripsi ini berdasarkan pada peranan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tumbuh dan berkembangdi pedesaan sebagai lembaga pendidikan dan pusat pekembangan Islam , pondok p pesantren banyak diminati masyarakat pedesaan. Untuk itupeneliti ingin mengetahui lewat penelititaan tentang proses kegiatan pendidikan serta pengajaran disekolah , disuatu pondok pesantren dikelurahan patemon, Gunung pati semarang yaitu pondok pesantren Al Asror tahun 1980-2005. Permasahan yang dibahas (1) latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Al Asror. (2) Bagamana proses pertumbuhan dan perkembagan Pondok Pesantren Al Asror. (3)Peranan Pondok Pesantren Terhadap Kehidupan Masyarakat sekitar dalam bidang Agama,Pendidikan ,Sosial Budaya dan Ekonomi. Tujuan yang ingin dicapai adalah memaparkan tentang kegiatan dasn pengajaran pondok pesantren yang dipimpin oleh K.Al Mamnuhin Kkholid manfaat yang diharapkan dari penulis adalah ingin memberi masukan kepada pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional untuk mengikut sertakan Pesantren dalam membangun mental spiritualdan memberi masukan kepada pemimpin Pesantren atau Kyai untuk membawa siswanya atau santri sesuai dengan tuntutan zaman melalui program pendidikan atau kurikulum. Diharapkan output pondok pesantren (alumni) bersikap aspiratif, progresif inovatif sehingga siswa atau santri dapat beradaptasi dalam masyarakat dan memiliki kemampuan siap pakai serta ber ahlak mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode sejarahmeliputi langkah-langkah; (1) Heuristik, (2) Kritik Sumber, (3) Interpretasi, (4) Historiografi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pondok pesantren Al Asror didirikan pada tahun 1980 oleh Alm.K.Zubaidi atas dorongan masyarakat desa Patemon yang sangat membutuhkan pendidikan ,pengajian untuk anak-anak dan orang tua semakin berkembang bekat keterbukanya sebagai pimpinan pondok pesantren untuk melakukan perubahan dalam sisitem pendidikan dan pengajaran di pondok pesantrennya .Tahun 1987 membuka sistem madrasah/klasikal serta membangun sarana dan prasarana seperti ruang kelas, ruang guru. dll. Dampak perkembagan Pondok Pesantren juga dirasakan oleh masyarakat sekitar nya baik dalam bidang Agama, Pendidikan, Sosial Budaya dan Ekonomi. Dalam bidang Agama terlihat suasana Islami dilingkungan masyarakat, dalam bidang pendidikan hampir semua masyarakat mengeyam pendidikan, bidang Sosial Budaya terjalinya Ukhuwah Islamiah, dalam Ekonomi meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar diluar sektor pertanian. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah wawasan tentang pondok pesantren sebagai titik awal lahirnya pendidikan Islam di Indonesia dan media pembelajaran masyarakat, untuk pengelola pondok pesantren diharakan dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 11 Apr 2011 03:54 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1255 |
Actions (login required)
View Item |