Tanggapan Guru Penjasorkes Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik Teaching Games for Understanding (TGfU) di SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap Tahun 2011


Buyung Kusumawardhana, 6101406523 (2012) Tanggapan Guru Penjasorkes Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik Teaching Games for Understanding (TGfU) di SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tanggapan Guru Penjasorkes Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik Teaching Games for Understanding (TGfU) di SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap Tahun 2011]
Preview
PDF (Tanggapan Guru Penjasorkes Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik Teaching Games for Understanding (TGfU) di SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap Tahun 2011) - Published Version
Download (49kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana Tanggapan Guru Penjasorkes Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik Teaching Games for Understanding ( TGfU ) di SMA Negeri se- Kabupaten Cilacap Tahun 2011? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru penjasorkes terhadap pembelajaran dengan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) di SMA Negeri se- Kabupaten Cilacap Tahun 2011. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap Tahun 2011 dengan jumlah 32 orang. Sampel yang digunakan adalah guru penjasorkes SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tanggapan guru penjasorkes terhadap pembelajaran dengan pendekatan taktik Teaching Games for Understanding (TGfU) di SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap dari 31 orang guru, sebanyak 12 guru (38,7%) masuk pada ketegori sangat positif, 12 guru (38,7%) masuk pada kategori positif, 7 guru (22,6%) masuk pada kategori kurang positif. Dilihat dari rerata yang diperoleh, yaitu sebesar 94,29 pada interval skor 56% - 75% dengan kategori positif dan 76% - 100% dengan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan Tanggapan guru penjasorkes terhadap pembelajaran dengan pendekatan taktik Teaching Games for Understanding (TGfU) di SMA Negeri se-Kabupaten Cilacap Tahun 2011 berada pada kategori positif dan sangat positif karena berada pada interval skor 56% - 75% dan 76% - 100%. Untuk itu penulis memberikan saran kepada guru penjasorkes yang belum mengajar dengan pendekatan taktik harapannya pembelajaran dengan pendekatan taktik TGfU dapat dapat dilaksanakan dengan baik sebagai salah satu pembelajaran penjasorkes di samping pembelajaran teknik yang selama ini diajarkan. Sedangkan bagi yang telah melakukan untuk mengembangkan dan memperkaya pengetahuan untuk kemajuan pengajaran penjasorkes di Indonesia. Bagi kepala sekolah agar lebih mengamati bagaimana seorang guru penjasorkes melakukan pengajaran. Jika guru tersebut melakukan pengajaran selayaknya melatih, maka kepala sekolah wajib menegurnya karena semua hasil pembelajaran merupakan tanggung jawab seorang kepala sekolah. Untuk kepala dinas pendidikan agar melakukan sosialisasi terkait dengan pendekatan TGfU. Salah satu sosialisasi tersebut yaitu dengan mengadakan penataran bagi guru penjasorkes serta mengadakan seminar terkait dengan pendekatan taktik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik Teaching Games for Understanding (TGfU
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 May 2012 02:18
Last Modified: 30 May 2012 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12549

Actions (login required)

View Item View Item