Keefektifan CD Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Melayani Makan Dan Minum Materi Merangkai Bunga Sebagai Media Pembelajaran Kelas XI Jurusan Jasa Boga Di SMK 1 Tegal Tahun Ajaran 2011/2012


Kurnia Fauziyah, , 5401909002 (2012) Keefektifan CD Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Melayani Makan Dan Minum Materi Merangkai Bunga Sebagai Media Pembelajaran Kelas XI Jurusan Jasa Boga Di SMK 1 Tegal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan CD Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Melayani Makan Dan Minum Materi Merangkai Bunga Sebagai Media Pembelajaran Kelas XI Jurusan Jasa Boga Di SMK 1 Tegal Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Keefektifan CD Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Melayani Makan Dan Minum Materi Merangkai Bunga Sebagai Media Pembelajaran Kelas XI Jurusan Jasa Boga Di SMK 1 Tegal Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu yang digunakan oleh guru dalam rangka berkomunikasi dengan siswa. Pemilihan media CD Interaktif dengan program flash ini dapat menghasilkan gambar, audio, dan animasi/ simulasi, sehingga dapat memperjelas materi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan CD multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran melayani makan dan minum materi merangkai bunga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jasa Boga SMK 1 Tegal tahun ajaran 2011/2012, teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dokumentasi dan angket. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan kesamaan varians, analisis data akhir menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji peningkatan hasil belajar. Hasil uji-t data pre tes kelas eksperimen dengan kontrol diperoleh nilai signifikansi > 0.05 sehingga diasumsikan kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama. Dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen mengalami ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata nilai pre test dan nilai praktik, terdapat perbedaan yang signifikan dimana kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dari hasil uji peningkatan hasil belajar dapat disimpulkan bahwa siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan hasil belajar, namun berbeda secara signifikan karena perlakuan keduanya berbeda. Rata-rata aktivitas siswa dalam kegitan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 77% dengan frekwensi kriteria baik 87.10%, sedangkan kelompok kontrol sebesar 70.4% dengan frekwensi kriteria baik 51.43%. Angket tanggapan siswa terhadap pembelajran dengan CD multimedia interaktif menunjukan hasil yang baik, dimana 100% siswa menjawab termotivasi untuk belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah CD interaktif sebagai sumber belajar materi merangkai bunga yang diterapkan dalam penelitian ini efektif digunkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran melayani makan dan minum, media tersebut dapat mempermudah pamahaman siswa sehingga hasil belajarnya lebih optimal. Disarankan, guru mampu meningkatkan kreativitasnya dalam hal membuat media pembelajaran agar lebih sesuai dengan karakteristik siswa dan materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, CD Multimedia Interaktif, Flash, Merangkai Bunga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 May 2012 01:13
Last Modified: 30 May 2012 01:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12542

Actions (login required)

View Item View Item