Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran Muatan Lokal PKK Kelas 1X di SMP se-Kecamatan Bumiayu
Syamsu Fidiyana, , 5401909001 (2012) Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran Muatan Lokal PKK Kelas 1X di SMP se-Kecamatan Bumiayu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran Muatan Lokal PKK Kelas 1X di SMP se- Kecamatan Bumiayu)
- Published Version
Download (116kB) | Preview |
Abstract
KTSP merupakan operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masingmasing satuan pendidikan. Kurikulum ini dalam mengelola sumber daya, sumber belajar dan mengalokasikan sesuai kebutuhan dan kebutuhan setempat. Permasalahan yang dibahas dalam penilitian adalah bagaimanakah pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran PKK di SMP Se-kecamatan Bumiayu yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan Evaluasi pelaksanaan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, jenis survei dilaksanakan se-Kecamatan Bumiayu. Subjek penelitian adalah guru SMP muatan lokal PKK. Variabel meliputi: Perencanaan KTSP, Pelaksanaan KTSP, Evaluasi KTSP. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, angket, dokumentasi, analisis yang digunakan Deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif persentase perencanaan dengan skor 76 termasuk kategori tinggi, pelaksanaan dengan skor 78 termasuk kategori tinggi dan evaluasi dengan skor 83 termasuk kategori sangat tinggi sehingga pelaksanaan KTSP pada guru tinggi hal ini sejalan dengan sistem pendidikan nasional yang mengartikan kurikulum sebagai perangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa KTSP telah dilaksanakan dengan baik, walaupun demikian guru perlu peningkatan diri dalam hal pengembangan materi pelajaran, metode, media, dan kesiapan dalam hal evaluasi hasil belajar peserta didik dan menjadi tolak ukur bagi guru dalam hal mengembangkan pembelajaran berikutnya. Sarana dan prasarana perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Saran bagi pelaksana KTSP disekolah, memahami dan pengembangan KTSP sehingga dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP disesuaikan dengan potensi daerah dan kondisi sekolah untuk mempersiapkan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pelaksanaan KTSP, Mata pelajaran PKK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 30 May 2012 01:10 |
Last Modified: | 30 May 2012 01:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12541 |
Actions (login required)
View Item |