Strategi Pemasaran Produk Busana Muslim “Galeri Dita” pada Era Globalisas


So’imah Nurul., 5401407018 (2012) Strategi Pemasaran Produk Busana Muslim “Galeri Dita” pada Era Globalisas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Pemasaran Produk Busana Muslim “Galeri Dita” pada Era Globalisas]
Preview
PDF (Strategi Pemasaran Produk Busana Muslim “Galeri Dita” pada Era Globalisas) - Published Version
Download (134kB) | Preview

Abstract

Sejak tahun 2003 Indonesia telah memasuki era pasar bebas atau globalisasi tingkat Asia. Globalisasi mengakibatkan mengkaburnya batas-batas antar negara, sehingga perekonomian suatu negara tidak berdiri sendiri melainkan menjadi sebuah sistem global, oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif, kreatif dan inovatif. Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Strategi pemasaran dirancang untuk menentukan arah, tujuan pemasaran dalam bisnis yang berkaitan dengan keputusan segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, penempatan posisi dan unsur–unsur bauran pemasaran (Tjiptono 2003: 6). Galeri Dita merupakan sebuah toko busana muslim yang didirikan oleh Ibu Anindita Dinnie pada tahun 2010. Awalnya Galeri Dita berdiri secara online, tetapi untuk menambah kepercayaan konsumen ibu Anindita membuka toko offline di Jl. Raya Karang Rejo No. 59 Banyumanik Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara menentukan segmentasi pasar, target pasar, penempatan posisi, strategi bauran pemasaran dan kendala yang dihadapi Galeri Dita, selama menggunakan internet sebagai media promosi pada era globalisasi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk mendukung keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, pengamat dan teori. Analisis data melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan sudah cukup efektif, meskipun masih terdapat beberapa kelemahan. Segmentasi dan target pasar yang ditetapkan sejak awal yaitu wanita dari kelas mengah ke atas yang berbusana muslim, meskipun penempatan posisinya belum tercapai. Strategi produk yang dilakukan yaitu menjual barang yang bermerk dengan desain terbaru. Strategi harganya menjual barang kualitas super dengan harga di atas harga pasaran dan sebaliknya. Strategi pendistribusian barangnya menggunakan jasa pengiriman barang. Strategi promosinya menggunakan ineternet sebagi media promosinya yaitu facebook, twitter, multyplay, web dan lain-lain. Berdasarkan kegiatan ini peneliti dapat memberikan saran agar Galeri Dita melakukan penelitian tentang loyalitas konsumen serta mengikuti ikatan pengusaha busana muslim Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Busana Muslim dan Era Globalisasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 May 2012 01:00
Last Modified: 30 May 2012 01:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item