PEMERIKASAAN CACAT PENGELASAN BAJA KARBON RENDAH St 40 DENGAN METODE NDT DYE PENETRANT TESTING


Ilham Eliwansyah, 5250307056 (2012) PEMERIKASAAN CACAT PENGELASAN BAJA KARBON RENDAH St 40 DENGAN METODE NDT DYE PENETRANT TESTING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMERIKASAAN CACAT PENGELASAN BAJA KARBON RENDAH St 40 DENGAN METODE NDT DYE PENETRANT TESTING]
Preview
PDF (PEMERIKASAAN CACAT PENGELASAN BAJA KARBON RENDAH St 40 DENGAN METODE NDT DYE PENETRANT TESTING) - Published Version
Download (119kB) | Preview

Abstract

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui cacat spesimen hasil pengelasan baja karbon rendah St 40 dengan elektroda E6013, mengetahui hasil pengelasan dan cacat yang timbul setelah pengelasan serta spesimen hasil pengujian dengan metode ndt dye penetrant testing dan membandingkan hasil setelah dilakukan dengan arus 80A, 100A dan 120A. Pengujian ini menggunakan material baja karbon rendah St 40 dengan elektroda E6013 dengan pengelasan elektroda terbungkus kampuh V tunggal. Ke tiga spesimen tersebut dilakukan pengujian dengan 3 jenis cairan, diantaranya; cleaner, penetrant, dan developer. Dari hasil pengujian ini kemudian akan diamati cacat-cacat apakah yang terjadi setelah pengelasan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Dari hasil pengujian ini diketahui tidak terlalu terlihat perbedaan. Pada hasil pengelasan dengan arus 80A, ditemukan adanya beberapa cacat yang terlihat setelah pengujian yaitu; lubang tiup dan beberapa cacat lainnya yang sulit terindikasi. Pada pengamatan dengan arus 100A, ditemukan adanya cacat yaitu; penembusan yang kurang baik dikarenakan kecepatan pengelasan yang tidak stabil. Pada pengamatan ke tiga dengan arus 120A, ditemukan cacat yaitu; undercut, disebabkan oleh arus yang terlalu tinggi, dan kurangnya pengalaman pengelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelasan baja, metode NDT Dye Penetrant Testing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2012 00:26
Last Modified: 29 May 2012 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12517

Actions (login required)

View Item View Item