Peningkatan Pemahaman Tentang Prinsip Kerja Differential Dengan Menggunakan Media Peraga Differential Cutting Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Kukuh Andriyan, 5201407046 (2012) Peningkatan Pemahaman Tentang Prinsip Kerja Differential Dengan Menggunakan Media Peraga Differential Cutting Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Pemahaman Tentang Prinsip Kerja Differential Dengan Menggunakan Media Peraga Differential Cutting Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Peningkatan Pemahaman Tentang Prinsip Kerja Differential Dengan Menggunakan Media Peraga Differential Cutting Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (130kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran dengan menggunakan peraga differential cutting ini merupakan alat bantu dalam kegiatan pembelajaran untuk mempermudah dalam penyampaian suatu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Media peraga differential cutting ini merupakan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman tentang prinsip kerja differential, dimana di media peraga ini di beri control elektronik yang memudahkan dalam pergerakan dari differential saat berjalan lurus, belok kanan dan belok kiri, serta media differential ini di cutting, diharapkan dengan adanya media peraga differential cutting ini membantu pemahaman siswa tentang prinsip kerja differential dan. dengan adanya peraga tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan pola Pretest-Posttest Design dan tes sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 4 Semarang yang mengikuti mata pelajaran chassis and drive train Semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 58 siswa terbagi dalam 2 kelas, dan semua populasi dijadikan sampel, sehingga menjadi penelitian populasi. Hasil analisis yang dilakukan didapatkan data thitung sebesar 109.033, kemudian data tersebut dikonsultasikan pada tabel t dengan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2-2) = (58+58-2) =114. Hasil analisis uji-t tersebut dapat dilihat pada table 9 dengan a = 5% dengan dk = 58 diperoleh t(0.975)(58) = 1,981. Berdasarkan kriteria, Ha diterima apabila thitung lebih besar dibandingkan ttabel. Karena nilai thitung > ttabel atau 109.033 > 1,981. Sehingga dapat dikatakan thitung berada di daerah penerimaan Ha atau berada di daerah penolakan Ho. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik suatu saran bahwa Media peraga differential cutting masih perlu dikembangkan lagi, karena pada saat penggunaan dilapangan terdapat kekurangan pada bagian differential gear, sehingga perlu di tambahkan suatu control elektronik untuk memudahkan differential saat berjalan lurus, belok kanan dan belok kiri. Dan dilihat dari hasil belajar, ada satu siswa yang hasil belajarnya kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Mengajar). Hal ini akan menghambat proses pembelajaran dengan menggunakan peraga differential cutting, sehingga guru sebisa mungkin tahu keadaan awal siswa sebelum menggunakan media peraga differential cutting. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Differential cutting, Media peraga, Peningkatan pemahaman
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2012 00:03
Last Modified: 29 May 2012 00:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item