Etnobotani Tumbuhan Obat Oleh Masyarakat Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah


Gumilang Pramesti Fitria.Arum, , 4450406001 (2012) Etnobotani Tumbuhan Obat Oleh Masyarakat Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Etnobotani Tumbuhan Obat Oleh Masyarakat Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah]
Preview
PDF (Etnobotani Tumbuhan Obat Oleh Masyarakat Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah) - Published Version
Download (65kB) | Preview

Abstract

Etnobotani merupakan ilmu botani mengenai pemanfaatan tumbuhtumbuhan dalam keperluan hidup sehari-hari. Pemanfaatan ini meliputi penggunaan sebagai bahan obat, sumber pangan, spiritual dan nilai budaya lainnya. Contoh masyarakat Indonesia yang masih memanfaatkan tumbuhan sebagai obat tradisional adalah Masyarakat Desa Keseneng Kec. Sumowono Kab. Semarang Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan menginventarisasi potensi pemanfaatan tumbuhan obat oleh Masyarakat Keseneng yang meliputi jenis tumbuhan obat, cara memperoleh tumbuhan obat, bagian tumbuhan yang digunakan dan cara penggunaannya, serta penyakit yang dapat disembuhkan, Penelitian ini dikakukan dalam dua tahapan. Tahap pertama, penggalian potensi untuk mengetahui kelayakan Desa Keseneng sebagai tempat penelitian dengan wawancara terbuka. Tahap kedua berupa pengambilan data utama dan data penunjang yang dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Data utama meliputi data tumbuhan obat dan data penunjang berupa data informan. Selanjutnya adalah mengoleksi spesimen tumbuhan obat untuk herbarium. Hasil penelitian mengungkap bahwa masyarakat Keseneng menggunakan 31 jenis tumbuhan obat dari 21 famili. Tumbuhan obat didapat dari hutan (15 jenis), pekarangan rumah (13 jenis), tepi jalan (5 jenis), tepi sawah (5 jenis), sawah (2 jenis) dan tepi sungai (1 jenis). Tumbuhan obat di desa Keseneng dapat mengobati 15 kelompok penyakit dengan bagian tumbuhan obat yang digunakan yaitu rimpang (7 jenis), semua bagian tumbuhan (3 jenis), batang (3 jenis), buah (7 jenis), daun (10 jenis), biji (1 jenis), getah (3 jenis) dan akar (2 jenis). Berdasarkan pengolahannya tumbuhan obat dibagi menjadi 4, yaitu dimanfaatkan dalam bentuk segar (18 jenis), direbus (13 jenis), dikeringkan (4 jenis) dan dilayukan/dibakar (2 jenis).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desa Keseneng; Etnobotani Tumbuhan Obat
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 03:55
Last Modified: 28 May 2012 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12490

Actions (login required)

View Item View Item