Efektivitas Penggunaan CD Pembelajaran Interaktif pada Materi Fungi di SMA N 1 Boyolali.


Shanthi, RV., 4401407090 (2012) Efektivitas Penggunaan CD Pembelajaran Interaktif pada Materi Fungi di SMA N 1 Boyolali. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan CD Pembelajaran Interaktif pada Materi Fungi di SMA N 1 Boyolali.]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan CD Pembelajaran Interaktif pada Materi Fungi di SMA N 1 Boyolali.) - Published Version
Download (42kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SMA N 1 Boyolali pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Fungi belum mencapai ketuntasan 100%. Materi Fungi merupakan materi yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Beberapa sub materi menerangkan obyek yang mikroskopis. Proses reproduksinya sulit diamati secara langsung. Sesuai dengan karakter fungi, maka penggunaan CD pembelajaran interaktif adalah salah satu alternatif yang tepat digunakan dalam mempelajari materi Fungi. Kelebihan CD pembelajaran interaktif adalah dapat menampilkan unsur suara, gambar diam, gambar bergerak, dan video. Selain itu juga memungkinkan hubungan timbal balik antara siswa dengan media tersebut sehinggga memudahkan siswa dalam mempelajari materi fungi. Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas CD pembelajaran interaktif materi fungi di SMA N 1 Boyolali. Desain penelitian menggunakan One Shoot Case Study dengan sampel kelas X1, X4, dan X5 yang diambil dari 8 kelas. Data yang diperoleh berupa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama pembelajaran, sedangkan tanggapan siswa dan guru digunakan sebagai data pendukung. Penelitian ini efektif jika aktivitas siswa berkategori tinggi dan sangat tinggi mencapai �75% dan ketuntasan klasikal siswa mencapai �75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa dengan kriteria keaktifan tinggi dan sangat tinggi mencapai 93,49%. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 86,59 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 100%. Siswa dan guru memberikan tanggapan yang baik terhadap pembelajaran menggunakan CD pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan CD pembelajaran interaktif efektif diterapkan pada materi fungi di SMA N 1 Boyolali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, CD pembelajaran interaktif, materi Fungi.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 03:51
Last Modified: 28 May 2012 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12489

Actions (login required)

View Item View Item