Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP 3 Adiwerna.


Sri Purwaningsih, , 4401407088 (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP 3 Adiwerna. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP 3 Adiwerna.]
Preview
PDF (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP 3 Adiwerna.) - Published Version
Download (102kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran POE (predict, observe, explain) merupakan suatu pembelajaran yang mendorong siswa untuk membuat prediksi terhadap kejadian yang didemonstrasikan oleh guru, kemudian siswa membuktikan prediksi tersebut melalui pengamatan untuk dapat membuktikan kebenaran dan kesenjangan antara prediksi yang telah dibuat dengan fakta yang dialami. Studi pendahuluan di SMP 3 Adiwerna menunjukkan bahwa guru belum pernah menerapkan perangkat pembelajaran POE di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan mutu perangkat pembelajaran yang sudah digunakan guru dalam pembelajaran, menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis POE materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup yang valid dan dapat diterapkan dalam pembelajaran biologi, dan menguji pengaruh penerapan perangkat pembelajaran berbasis POE terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D). Keefektifan modul diuji menggunakan pr-experimental design dengan bentuk one group pretest-postest design yang dilakukan di SMP Negeri 3 Adiwerna. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 3 Adiwerna yang berjumlah 320 siswa. Sampel uji coba ditentukan secara sederhana atau convenience sampling. Jumlah sampel pada uji coba skala kecil yaitu 10 siswa kelas VIII A, sedangkan sampel pada uji coba skala besar yaitu 40 siswa kelas VIII E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan pembelajaran dengan model Problem Based Instrution, Cooperatif Learning dan Group investigation dengan metode diskusi dan penugasan, namun belum pernah menggunakan model pembelajaran POE. Hasil validasi perangkat pembelajaran berbasis POE adalah 97,67% yang memenuhi kriteria sangat layak. Tingkat keterlaksanaan LKS POE yang diujicobakan mencapai 94,67% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis Paired samples-test diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretes dan skor postes. Tingkat keterlaksanaan LKS POE pada uji coba pemakaian adalah 97,17% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis POE materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup yang dikembangkan efektif diterapkan dalam pembelajaran biologi di SMP N 3 Adiwerna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, POE, Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:46
Last Modified: 28 May 2012 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item