Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbasis Praktikum pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan terhadap Hasil Belajar Siswa.


Shinta Dwi. Asmarawati, , 4401407086 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbasis Praktikum pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan terhadap Hasil Belajar Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbasis Praktikum pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan terhadap Hasil Belajar Siswa.]
Preview
PDF (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbasis Praktikum pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan terhadap Hasil Belajar Siswa.) - Published Version
Download (165kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Pati menggunakan metode ceramah dengan memanfaatkan power point, diskusi, dan melaksanakan kegiatan praktikum, akan tetapi masih terkesan teacher centered learning. Siswa terlihat kurang aktif dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh sebab itu diperlukan variasi model pembelajaran. Pembelajaran problem posing berbasis praktikum mendorong siswa belajar aktif, melatih siswa berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan diharapkan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem posing berbasis praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA 2 Pati. Penelitian pre-experimental dengan pretest and posttest group design telah dilaksanakan pada kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 SMA 2 Pati. Data pretest dan posttest dikumpulkan dengan teknik tes. Data dianalisis dengan uji N-gain dan data yang berdistribusi normal dianalisis dengan uji t sedangkan data yang tidak normal dianalisis dengan uji wilcoxon. Empat indikator pencapaian penelitian ini yaitu: pertama, mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan; kedua, menjelaskan fungsi berbagai jaringan tumbuhan; ketiga, membandingkan struktur akar, batang, dan daun tumbuhan dikotil maupun monokotil; dan keempat, menjelaskan proses trasnport pada tumbuhan. Hasil belajar siswa pada semua indikator mengalami peningkatan pretest ke posttest dengan nilai N-gain sedang. Hasil analisis uji t indikator pertama, ketiga, dan keempat pada kelas XI IPA 6 diperoleh thitung berturut-turut adalah 8,06; 13,41; dan 16,75; pada kelas XI IPA 7 berturut-turut adalah 32,79; 14,31; dan 10,88 sedangkan ttabel=2,70. Uji wilcoxon indikator kedua pada kedua kelas diperoleh p value > α = 0,00 > 0,05. Ada perbedaan signifikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model problem posing berbasis praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA Negeri 2 Pati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem posing berbasis praktikum, hasil belajar, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:43
Last Modified: 28 May 2012 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item