Efektivitas Penerapan Media Sirkuit Cerdik Berbasis Bioedutainment pada Materi Sistem Gerak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Banjarnegara.


Amelia Norma.Pesesti, , 4401407047 (2012) Efektivitas Penerapan Media Sirkuit Cerdik Berbasis Bioedutainment pada Materi Sistem Gerak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Media Sirkuit Cerdik Berbasis Bioedutainment pada Materi Sistem Gerak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Banjarnegara.]
Preview
PDF (Efektivitas Penerapan Media Sirkuit Cerdik Berbasis Bioedutainment pada Materi Sistem Gerak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Banjarnegara.) - Published Version
Download (107kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Banjarnegara pada umumnya masih berpusat pada guru, sedangkan pembelajaran diharapkan berorientasi pada siswa, siswa cenderung pasif dan jenuh pada pembelajaran yang kurang bervariasi. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan di SMA Negeri 1 Banjarnegara. Permasalahan pembelajaran di SMA Negeri 1 Banjarnegara diharapkan dapat diminimalkan dengan menerapkan media permainan sirkuit cerdik berbasis Bioedutainment. Sirkuit cerdik merupakan permainan edukatif yang diadopsi dari permainan monopoli. Pembelajaran menggunakan media sirkuit cerdik berbasis Bioedutainment menjadi lebih menyenangkan, siswa berperan aktif dalam pembelajaran, mengembangkan softskill siswa sehingga hasil belajar menjadi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media sirkuit cerdik berbasis Bioedutainment efektif terhadap optimalisasi hasil belajar siswa SMA N 1 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan jenis True Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPA kelas XII IPA SMA Negeri 1 Banjarnegara. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan siswa kelas XI IPA 3 diambil dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa penggunaan sirkuit cerdik sebagai media pembelajaran berbasis Bioedutainment., sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar biologi materi sistem gerak kelas XI SMA 1 Banjarnegara. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal ketuntasan belajar kognitif siswa kelas eksperimen (XI IPA 3) adalah 94,3% mencapai nilai KKM sedangkan pada kelas kontrol (XI IPA2) 65,7%. Hasil belajar afektif 97,1% dan hasil belajar psikomotik 97,1% secara klasikal siswa masuk ke dalam kategori sangat baik dan baik. Pembelajaran menjadi atraktif, rekreatif, aktif dan bersifat Student Centered Learning. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa penerapan media permainan sirkuit cerdik berbasis Bioedutainment efektif terhadap optimalisasi hasil belajar siswa materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Banjarnegara dengan ketuntasan belajar secara klasikal lebih tinggi daripada menggunakan metodel diskusi dan presentasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media sirkuit cerdik (monopoli), Bioedutainment, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:24
Last Modified: 28 May 2012 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12481

Actions (login required)

View Item View Item