Penerapan Guided Discovery pada Materi Sistem Pernapasan dengan Authentic Assessment di SMP N 3 Jekulo Kudus


Mega Pratiwi.Nilasari,, 4401407039 (2012) Penerapan Guided Discovery pada Materi Sistem Pernapasan dengan Authentic Assessment di SMP N 3 Jekulo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Guided Discovery pada Materi Sistem Pernapasan dengan Authentic Assessment di SMP N 3 Jekulo Kudus]
Preview
PDF (Penerapan Guided Discovery pada Materi Sistem Pernapasan dengan Authentic Assessment di SMP N 3 Jekulo Kudus) - Published Version
Download (93kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di SMP N 3 Jekulo sudah menggunakan metode dan pendekatan yang variatif namun proses pembelajaran materi sistem pernapasan masih belum efektif, guru masih mendominasi pembelajaran dan keingintahuan anak belum terpenuhi sehingga siswa kurang memahami konsep materi yang diberikan. Sistem penilaian yang dilakukan masih berorientasi pada penguasaan kognitif dan kadang-kadang psikomotorik. Penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik secara terintegrasi belum diterapkan. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran dan sistem penilaian yang dapat mengungkap aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah penerapan guided discovery pada materi sistem pernapasan dengan authentic assessment dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Jekulo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design melalui penerapan guided discovery pada materi sistem pernapasan dengan authentic assessment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jekulo Kudus tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII G yang berjumlah 189 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data berupa hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik, tanggapan siswa, tanggapan guru dan data keterlaksanaan. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 96,2%, hasil belajar afektif berupa minat dan sikap dengan persentase minat siswa sebesar 87,7% dengan kriteria sangat baik dan sikap siswa sebesar 92,2% dengan kriteria sangat baik serta hasil belajar psikomotorik siswa sebesar 91,45% dengan kriteria sangat baik. Tanggapan siswa dan guru terhadap pembelajaran baik. Keterlaksanaan penerapan guided discovery pada materi sistem pernapasan dengan authentic assessment baik. Penerapan guided discovery pada materi sistem pernapasan dengan authentic assessment menjadikan konsep materi dapat dipahami siswa sehingga penguasaan materi menjadi maksimal dan pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan guided discovery pada materi sistem pernapasan dengan authentic assessment di SMP N 3 Jekulo dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided discovery, authentic assessment, hasil belajar, sistem pernapasan manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:20
Last Modified: 28 May 2012 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12479

Actions (login required)

View Item View Item