Efektivitas Pemanfaatan Media Asli Terhadap Pembelajaran Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 1 Weleri Kendal.


Geniung.Pratidina, , 4401407026 (2012) Efektivitas Pemanfaatan Media Asli Terhadap Pembelajaran Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 1 Weleri Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pemanfaatan Media Asli Terhadap Pembelajaran Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 1 Weleri Kendal.]
Preview
PDF (Efektivitas Pemanfaatan Media Asli Terhadap Pembelajaran Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 1 Weleri Kendal.) - Published Version
Download (74kB) | Preview

Abstract

Melalui media asli, siswa dapat terlibat dalam pembelajaran dan mengalami langsung kegiatan pembelajaran. Contoh media asli adalah makhluk hidup. Pembelajaran yang dapat didukung media asli berupa makhluk hidup adalah pembelajaran biologi, khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup. Materi ini diajarkan di kelas VII SMP. Pembelajaran klasifikasi makhluk hidup di SMP N 1 Weleri belum memanfaatkan media asli, siswa nampak kurang tertarik dengan pembelajaran dan baru 65% siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM. Penyajian media asli mampu merangsang rasa ingin tahu siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media asli terhadap pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup di SMP N 1 Weleri Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan desain One Shoot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N 1 Weleri. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII E dan VII F diambil dengan teknik purpossive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa pembelajaran dengan memanfaatkan media asli, sedangkan variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar siswa SMP N 1 Weleri kelas VII semester gasal. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar di kelas VII E mencapai 82% dan 89,3% siswa memiliki motivasi sangat tinggi dan tinggi, sedangkan di kelas VII F ketuntasan klasikal hasil belajarnya mencapai 80% dan 86,7% siswa memiliki motivasi sangat tinggi dan tinggi. Ketuntasan klasikal hasil belajar kedua kelas belum mencapai indikator yang ditetapkan, yaitu ≥85% siswa mencapai KKM (nilai akhir ≥75), sedangkan motivasi belajar kedua kelas sudah mencapai indikator yang ditetapkan, yaitu ≥85% siswa memiliki motivasi tinggi dan sangat tinggi, sedangkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar selain motivasi, yaitu metode pembelajaran, suasana belajar, dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pemanfaatan media asli belum efektif terhadap pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup di SMP N 1 Weleri. Guru disarankan perlu menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mengelola waktu dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, media asli, materi klasifikasi hakhluk hidup, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:17
Last Modified: 28 May 2012 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12478

Actions (login required)

View Item View Item