Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 1 Ampelgading.


Ria Desi Herrasty,, 4401407017 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 1 Ampelgading. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 1 Ampelgading.]
Preview
PDF (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 1 Ampelgading.) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu prosedur sistematis dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Teori-teori penelitian tentang model pembelajaran problem based instruction menunjukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 1 Ampelgading menunjukkan bahwa belum ada informasi penggunaan model pembelajaran problem based instruction pada materi pengelolaan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 1 Ampelgading. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen meliputi tahapan 1) observasi awal dengan mengamati proses pembelajaran dan wawancara dengan guru biologi. 2) merancang perangkat pembelajaran. 3) menyusun instrumen penelitian. 4) melakukan uji coba instrumen soal tes pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ampelgading. 5) melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian dengan design pre test post test control group design. Populasinya adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VII A- VII H. sampel ditentukan dengan convenience sampling yaitu rekomendasi dari guru dengan asumsi kemampuan siswa kelas VII yang berimbang. VII A sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t rerata hasil pre test kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t hitung < t tabel sehingga tidak ada perbedaan hasil pre-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tingkat pelaksanaan model pembelajaran PBI pada materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 1 Ampelgading termasuk kategori tinggi. Hal ini juga didukung berdasarkan uji t rerata nilai hasil belajar siswa diketahui bahwa t hitung > dari t tabel dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan model pembelajaran problem based instruction berpengaruh signifikan pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Secara umum kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem based instruction berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 1 Ampelgading sehingga model pembelajaran problem based instruction dapat diterapkan dalam pembelajaran materi biologi kelas VII SMP Negeri 1 Ampelgading.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:06
Last Modified: 28 May 2012 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12474

Actions (login required)

View Item View Item