Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII dengan Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)


Anita.Pratiwi, , 4401406569 (2012) Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII dengan Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII dengan Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)]
Preview
PDF (Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII dengan Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) menyatakan belajar yang paling efektif adalah belajar dengan melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indra, dan menghormati gaya belajar individu lain dengan menyadari bahwa orang belajar dengan cara-cara yang berbeda. Pendekatan SAVI merupakan pendekatan yang dirasa tepat untuk diterapkan pada pembelajaran biologi. Karena pendekatan ini melibatkan berbagai aspek yang dimiliki oleh siswa maka siswa dapat mengoptimalkan seluruh potensi belajar yang dimilikinya, untuk mendapatkan pengetahuan dari proses belajar yang mereka lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan SAVI berpengaruh terhadap kemampuan belajar siswa yang meliputi aktivitas dan hasil belajar siswa, dan kinerja guru pada pembelajaran materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs Al Uswah Bergas. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre Eksperimental Design dalam penelitian ini adalah desain One-Shot Case Study. Populasi siswa kelas VIII MTs Al Uswah Bergas Semester Gasal Tahun Ajaran 2011-2012, yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C, VIII-D, VIII-E, dan VIII-F, sampel diambil tiga kelas dengan metode purposive sampling yaitu kelas VIII-A, VIII-B, dan VIII-C. Data penelitian berupa hasil belajar siswa, aktivitas siswa, kinerja guru, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Hasil penelitian dari ketiga kelas sampel menunjukkan, aktivitas siswa yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif yaitu, kelas VIII-A sebesar 91.67%, kelas VIII-B 90%, dan kelas VIII-C 93.33%. Sedangkan data hasil belajar, untuk kelas VIII-A memperoleh nilai tertinggi 89.80, nilai terendah 63.80, jumlah siswa yang tidak tuntas 2 orang, dan tingkat ketuntasak klasikal kelas 95%. Kelas VIII-B nilai tertinggi mencapai 87, nilai terendah 63.80, jumlah siswa yang tidak tuntas 3 orang,dan tingkat ketuntasan klasikal 92.5%. Kelas VIII-C nilai tertinggi 88.60, nilai terendah 64.40, jumlah siswa yang tidak tuntas 1 orang, dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 97.5%. Data kinerja guru untuk kelas VIII-A memperoleh 88.89%, kelas VIII-B 83.33%, dan kelas VIII-C 86.11%. Data tanggapan siswa dan guru dalam penelitian ini memberikan respon yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual), Sistem Pencernaan pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 00:53
Last Modified: 28 May 2012 00:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12470

Actions (login required)

View Item View Item