Sintesis dan Karakterisasi Nanopartikel TiO2 secara Kristalisasi Dingin serta Aplikasinya sebagai Anti Kabut dan Selfcleaning.


Nikmah, Siti Muji Alfi, 4350407019 (2012) Sintesis dan Karakterisasi Nanopartikel TiO2 secara Kristalisasi Dingin serta Aplikasinya sebagai Anti Kabut dan Selfcleaning. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis dan Karakterisasi Nanopartikel TiO2 secara Kristalisasi Dingin serta Aplikasinya sebagai Anti Kabut dan Selfcleaning.]
Preview
PDF (Sintesis dan Karakterisasi Nanopartikel TiO2 secara Kristalisasi Dingin serta Aplikasinya sebagai Anti Kabut dan Selfcleaning.) - Published Version
Download (18kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan sintesis nanopartikel TiO2 dengan metode kristalisasi dingin, yaitu suatu metode untuk memperoleh TiO2 fase anatase berukuran nano pada suhu yang relatif rendah (80oC dan 120oC), tanpa tahap kalsinasi lanjutan. Metode ini menggunakan agen multifungsi yaitu polietilen glikol (PEG) sebagai pembentuk gel, pendispersi dan pembentuk lapisan film. TiO2 hasil sintesis, kemudian diaplikasikan sebagai material ati kabut dan self-cleaning, yang sebelumnya dilapiskan pada permukaan plastik PP agar lebih mudah dalam aplikasinya sebagai pelapis kaca jendela, kaca otomotif maupun lampu hias. Data XRD menunjukkan bahwa TiO2 hasil sintesis menggunakan PEG dengan suhu 80oC maupun 120oC belum menunjukkan fase anatase TiO2. Dilakukan pula sintesis dengan etilen glikol, monomer dari PEG, dengan suhu pengeringan 80oC dan 120oC. Data XRD menunjukkan bahwa sintesis dengan suhu 120oC memperoleh TiO2 fase anatase sesuai dengan JCPDS 02-0406 dengan ukuran kristal yang diperoleh adalah 23,95 nm. Pada analisis gugus fungsional TiO2 menggunakan FTIR menunjukkan masih ditemukannya gugus fungsional –OH, –CH2, dan –CO. Energi gap yang diperoleh dari hasil analisis menggunakan DR-UV adalah 3,12 eV. Aplikasi TiO2 digunakan sebagai material anti kabut dan self-cleaning dengan prinsip hidrofilisasi permukaan PP-TiO2 yaitu dengan megukur sudut kontak yang dihasilkan dengan memperhatikan transparansi PPTiO2. Dilakukan rekayasa plastik PP dengan penyinaran UV-C dengan variasi lama penyinaran. Lama penyianaran yang optimal yaitu selama 4 jam dengan sudut kontak sebesar 31,11o. Pelapisan menggunakan metode spray coating, dengan variasi konsentrasi etanol sebagai zat pendispersi serbuk TiO2. Uji ANOVA 2 jalur, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan variasi lama penyinaran dan konsentrasi zat pendispersi terhadap sudut kontak PPTiO2, namun tidak memberikan perbedaan %T yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TiO2, kristalisasi dingin, anti kabut, self-cleaning.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2012 03:49
Last Modified: 26 May 2012 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12454

Actions (login required)

View Item View Item