Pengaruh Penambahan Calcium Citrate Malate (CCM) dan Pektin Terhadap Kandungan Gizi Sirup Buah Asam (Tamarindus indica).


Suharmi, 4350407017 (2012) Pengaruh Penambahan Calcium Citrate Malate (CCM) dan Pektin Terhadap Kandungan Gizi Sirup Buah Asam (Tamarindus indica). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penambahan Calcium Citrate Malate (CCM) dan Pektin Terhadap Kandungan Gizi Sirup Buah Asam (Tamarindus indica). ]
Preview
PDF (Pengaruh Penambahan Calcium Citrate Malate (CCM) dan Pektin Terhadap Kandungan Gizi Sirup Buah Asam (Tamarindus indica). ) - Published Version
Download (156kB) | Preview

Abstract

Pada orang dewasa terutama di atas usia 50 tahun, kehilangan kalsium dari tulang menyebabkan terjadinya osteoporosis. Masalah tentang pemenuhan kebutuhan kalsium adalah kurangnya sumber kalsium dari makanan alami. Salah satu upaya mengatasi masalah di atas adalah mengganti susu dengan sirup buah yang difortifikasi dengan kalsium yang dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Penggunaan CCM telah menunjukkan keefektifannya untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan lebih efektif daripada kalsium karbonat. Tampilan bahan pangan yang difortifikasi CCM kurang menarik karena terbentuk koagulan. Hal ini terjadi karena kelarutan CCM dalam air sangat rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menambahkan pektin untuk memperbaiki kelarutan bahan pangan sehingga tidak terjadi koagulasi. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan CCM dan pektin terhadap kadar kalsium, kadar vitamin C, pH, stabilitas, dan lama penyimpanan pada sirup buah asam, Mengetahui variasi terbaik dalam penambahan CCM dan pektin pada sirup buah asam. Pada penelitian ini, dilakukan variasi konsentrasi CCM dan pektin yang akan ditambahkan pada sirup buah asam, yakni CCM 5:1:1 dan 6:2:3, pektin 0,1% dan 0,2%. Sirup buah asam yang dihasilkan kemudian dianalisis kadar kalsium, vitamin C, pH, stabilitas, dan lama penyimpanan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa CCM dan pektin berpengaruh terhadap peningkatan kadar kalsium, kestabilan kadar vitamin C, penurunan nilai pH, minimalisir endapan, dan peningkatan waktu lama penyimpanan.Variasi C2P2 dengan komposisi buah asam 25%, CCM 2 0,25%, pektin 0,2%, gula 62,5%, dan air 12,05%, merupakan variasi terbaik yang dapat meningkatkan kandungan gizi sirup buah asam. Hasil analisis menunjukkan sirup buah asam C2P2 mengandung kalsium 2175,62 ppm, vitamin C 3,72 ppm, pH 3,35, dengan stabilitas sampai 12 minggu, dan lama penyimpanan 98,28 hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Calcium Citrate Malate (CCM), pektin, sirup asam
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2012 03:37
Last Modified: 26 May 2012 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12453

Actions (login required)

View Item View Item