Perbedaan Penurunan Kandungan Ion Nikel(II) Pada Proses Koagulasi Menggunakan FeSO4 Dengan Limbah Besi Pada Limbah Elektroplating.


Kholipuk, Siti., 4350406519 (2012) Perbedaan Penurunan Kandungan Ion Nikel(II) Pada Proses Koagulasi Menggunakan FeSO4 Dengan Limbah Besi Pada Limbah Elektroplating. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Penurunan Kandungan Ion Nikel(II) Pada Proses Koagulasi Menggunakan FeSO4 Dengan Limbah Besi Pada Limbah Elektroplating.]
Preview
PDF (Perbedaan Penurunan Kandungan Ion Nikel(II) Pada Proses Koagulasi Menggunakan FeSO4 Dengan Limbah Besi Pada Limbah Elektroplating.) - Published Version
Download (95kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan industri yang sangat cepat tidak hanya menghasilkan peningkatan produksi, tetapi juga peningkatan jumlah limbah berbahaya. Industri elektroplating merupakan salah satu industri yang menghasilkan limbah berbahaya. Salah satu limbah berbahaya yang dihasilkan adalah limbah cair nikel yang digunakan sebagai bahan baku pelapisan logam. Penelitian ini telah dilakukan pengolahan limbah cair nikel menggunakan ferosulfat dan limbah besi melalui proses koagulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pH, waktu dan massa optimum penurunan ion nikel(II) menggunakan FeSO4 dan limbah besi. Limbah cair nikel dan limbah besi diambil dari salah satu industri rumah tangga pabrik pelapisan logam di Juwana, Pati, Jawa Tengah. Limbah besi berupa serbuk yang berasal dari proses pengamplasan yang sudah tidak terpakai lagi. Penelitian ini pH divariasi 1, 2, 3, 4 dan 5, kemudian waktunya 15, 30, 45, 60 dan 75 menit, sedangkan massanya 0,2; 0,4; 0,6; dan 1 g. Hasil akhir filtrat nikel kemudian diukur absorbansinya menggunakan spektroskopi serapan atom (SSA). Hasil penelitian diperoleh kondisi optimum pengendapan limbah Ni2+ dengan penambahan FeSO4 0,6 g terjadi pada pH 3, waktu 30 menit dengan penurunan ion nikel(II) sebesar 84,15%, sedangkan kondisi optimum pengendapan limbah Ni2+ dengan penambahan limbah besi 0,6 g terjadi pada pH 3, waktu 30 menit dengan penurunan ion nikel(II) sebesar 79,84%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koagulasi, Ni(II), FeSO4, Limbah Besi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2012 03:19
Last Modified: 26 May 2012 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12450

Actions (login required)

View Item View Item